Sukses

Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Mendag Janjikan Gelar Operasi Pasar

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan hari ini meninjau lokasi gempa di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di sana, Mendag merencanakan untuk menggelar operasi pasar khusus di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebagai langkah pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok setelah gempa Cianjur.

"Ya tentu, kalau begini kan keadaan lagi paceklik ya. Mudah-mudahan kalau sudah agak reda, nanti kalau harga berubah atau naik, kita akan operasi pasar saja. Insya Allah," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dikutip dari Antara, Minggu (27/11/2022).

Ketika ditanyakan kapan operasi pasar tersebut akan dilaksanakan dan di mana saja, Mendag menuturkan hal tersebut masih digodok oleh pihaknya.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat meminta kepada pelaku usaha untuk memberikan perhatian dan bantuan pada korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Iendra Sofyan, mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat himbauan pada perusahaan-perusahaan yang ada di Jawa Barat untuk berempati pada korban gempa Cianjur.

"Kami sudah membuat surat ke perusahaan-perusahaan, seluruh pihak agar mereka bisa menyalurkan bantuan ke lokasi bencana," kata Iendra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Butuh Bantuan

Menurut dia, uluran tangan pihak swasta pada para korban sangat ditunggu dan dinantikan dan saat ini para korban masih berada di luar rumah karena mewaspadai ancaman gempa susulan.

"Mereka masih di tenda-tenda darurat, ada kebutuhan untuk dapur umum, selimut hingga air minum yang sangat diperlukan," katanya.

Disperindag Jawa Barat juga sudah menyerahkan bantuan logistik pada Pemkab Cianjur untuk para korban gempa, mulai dari bahan pokok sandang seperti kasur lipat, selimut, kain kafan, hingga pembalut.

3 dari 3 halaman

Temui Korban Gempa Cianjur, Mendag Zulhas Beri Bantuan Rp 2,5 M dan Sembako

Menteri Perdagangan atau Mendag Zulkifli Hasan menyambangi dan menemui pengungsi gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022). Mendag Zulhas begitu ia disapa menyambangi Kampung Cikamuning, Kampung Rawacina, dan Kampung Cikareyom Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulhas memberikan sejumlah bantuan berupa uang tunai RP 500 ribu per kepala keluarga (KK) dan sembako kepada warga korban gempa bumi di Cianjur. Mendag Zulhas juga memberi semangat dan apresiasi kepada para relawan, Brimob, Satpol PP dan petugas keamanan yang membantu korban bencana gempa Bumi Cianjur.

“Sebagai pembantu presiden, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga, karena Bapak-bapak semua menjadi pahlawan siang dan malam membantu dan menjaga korban bencana, rela meninggalkan anak istri dan mengambil resiko turun di pusat gempa berani mengorbankan diri bersama rakyat,” kata Ketum PAN ini.

Mendag Zulhas sendiri turut memberikan dan menyalurkan bantuan berupa dana untuk para petugas keamanan dan relawan yang bertugas di daerah paling parah terdampak gempa di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Tak hanya itu, Menurut Mendag Zulhas, total bantuan berupa dana tunai untuk korban bencana gempa bumi Cianjur sementara ini telah terkumpul Rp2,5M

“Insya Allah kita masih cari lagi bantuan dana tunai, mudah-mudahan bisa sampai Rp5 M," jelas Mendag Zulhas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS