Sukses

Keluarga Miliarder Glazer Dikabarkan Bakal Jual Klub Sepak Bola Manchester United

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga miliarder Glazer yang memiliki Manchester United dikabarkan sedang menjajaki penjualan klub sepak bola ternama asal Inggris tersebut.

Dilansir dari Forbes, Kamis (24/11/2022) kabar penjualan, yang dapat mencakup saham pengendali Manchester United ini datang setelah bertahun-tahun reaksi penggemar atas penurunan kinerja klub sepak bola itu.

Laporan Sky News menyebut, keluarga Glazer menghubungi sebuah bankir investasi untuk mengeksplorasi transaksi potensial yang mungkin berupa penjualan sebagian atau "termasuk lelang besar-besaran" untuk Manchester United.

Seperti diketahui, keluarga Glazer memegang sekitar 97 persen saham MU, meskipun sebagian kecil saham lainnya diperdagangkan secara publik di New York Stock Exchange.

Saham Manchester United naik lebih dari 14,6 persen menyusul kemunculan berita penjualan itu, ditutup USD 14,94 pada Selasa sore (22/11) waktu setempat.

Namun, pihak MU tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Forbes.

Forbes memperkirakan Manchester United bernilai USD 4,6 miliar, menjadikannya klub sepak bola termahal ketiga di dunia. Sementara kekayaan keluarga Glazer bernilai USD 4,7 miliar.

Manchester United secara luas dianggap sebagai salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia, setelah memenangkan divisi teratas Inggris dengan rekor 20 kali dan Liga Champions UEFA—dan kompetisi pendahulunya, Piala Eropa—tiga kali.

Tetapi kinerja klub tersebut terus menurun di bawah kepemilikan keluarga Glazer, dengan banyaknya hutang yang menghantui MU, membuat para penggemar menuduh mereka memprioritaskan keuangan pribadi daripada kinerja klub.

Manchester United belum pernah memenangkan Liga Premier sejak 2013 dan terakhir memenangkan kompetisi pada 2016, ketika mereka merebut Piala FA. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kenalkan Miliarder Rob Walton Pewaris Walmart, Berani Beli Klub Sepak Bola Denver Broncos Rp 67 Triliun

Anak tertua dari pengusaha Amerika sekaligus pendiri Walmart Sam Walton yang bernama Rob Walton diperkirakan akan membeli salah satu tim sepak bola Denver Broncos dengan rekor tertinggi senilai USD 4,65 miliar atau sekitar Rp 67,7 triliun.

Lantas, berapakah kekayaan putra pemilik Walmart tersebut?

Melansir Enterpreneur, Sabtu (11/6/2022), tim NFL bernilai USD 3,75 miliar tahun lalu, tetapi terjadi perang penawaran sehingga meningkatkan taruhannya - membawanya jauh dari pembelian tim oleh Pat Bowlen sebesar USD 78 juta pada tahun 1984.

Setelah kematian Bowlen pada tahun 2019, perselisihan hukum di antara kerabat menyebabkan tiga kali juara Super Bowl siap untuk dijual.

Jika diselesaikan, itu akan membuat tawaran Walton menjadi harga tertinggi yang dibayarkan untuk tim NFL mana pun sejak 2018 ketika David Tepper membeli Carolina Panthers seharga USD 2,275 miliar. Kepemilikan tim juga akan mencakup putri Walton, Carrie, dan menantunya, Greg Penner.

Kekayaan Bersih Rob Walton

Putra tertua pendiri Walmart alias Rob Walton ini menjadi pewaris kekayaan Walmart, tepatnya saat dirinya menginjak usia 77 tahun.

Walton diperkirakan memiliki harta mencapai USD 57,9 miliar. Kekayaannya itu membuat dirinya berhasil memegang peringkat orang terkaya ke-22 di dunia.

Sementara itu, saudaranya yang lain, Rob, Jim dan Alice, memiliki kekayaan bersih gabungan sekitar USD 212 miliar, menjadikan mereka salah satu keluarga terkaya di dunia.

3 dari 3 halaman

Butuh 90 Hari Disetujui

Di samping itu, keluarganya pun punya grup kepemilikan Walton-Penner. Di dalamnya termasuk Rob Walton, putrinya Carrie dan suaminya, Greg Penner, serta Mellody Hobson — co-CEO Ariel Investments dan istri sutradara dan produser film George Lucas. Jadi, grup ini termasuk ke dalam kepemilikan bersama atas Denver Broncos.

Meskipun kelompok Walton-Penner secara teknis telah mengumpulkan tawaran untuk Broncos, penjualan perlu ditinjau kembali oleh komite keuangan NFL dan disetujui oleh suara pemilik NFL. Setidaknya 24 dari 32 pemilik harus mendukung penjualan untuk diselesaikan.

Sementara jika tidak ada masalah yang diangkat, kesepakatan masih bisa memakan waktu hingga 90 hari untuk disetujui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.