Sukses

Terkuak, Inilah Pekerjaan Paling Tidak Bikin Stres Tapi Gajinya Besar

Ditemukan jika ada beberapa pekerjaan yang sedikit memberikan rasa stres kepada pekerjanya.

Liputan6.com, Jakarta Stres di tempat kerja merupakan fenomena umum. Menurut Survei Pekerjaan dan Kesejahteraan tahun 2021 dari American Psychological Association terhadap 1.501 orang dewasa AS menemukan jika mayoritas pekerja mencapai 79 persen mengalami stres terkait pekerjaan. 

Meski demikian ditemukan jika ada beberapa pekerjaan yang sedikit memberikan rasa stres kepada pekerjanya. Jaringan Informasi Pekerjaan Departemen Tenaga Kerja, atau O*NET, memberi peringkat 873 pekerjaan berdasarkan tingkat stres dengan mencatat pentingnya menerima kritik dan menangani dengan baik situasi stres tinggi di setiap pekerjaan.

Meski beberapa dari pekerjaan relatif memberikan ras stres yang rendah dan memberikan bayaran mahal.

Melansir laman CNBC, Selasa (14/11/2022), terkuak bila pekerjaan yang paling tidak membuat stres dalam daftar yang membayar lebih dari USD 100.000 per tahun adalah ekonom lingkungan, dengan peringkat 52 dari 100.

Pekerjaan ini memberikan bayaran alias gaji tahunan rata-rata USD 105.630. Posisi pekerjaan ini melakukan penelitian tentang topik lingkungan seperti penggunaan lahan publik dan swasta, polusi udara dan air dan pelestarian spesies yang terancam punah.

Sebagian besar ekonom lingkungan membutuhkan gelar master atau Ph.D yang relevan untuk dipekerjakan, serta beberapa pengalaman kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Stres Rendah

Disebutkan alasan mengapa pekerjaan ini bisa memberikan tingkat stres yang relatif lebih rendah. "Mereka tidak bekerja dalam kondisi yang sangat kompetitif," kata Sinem Buber, Ekonom Utama di ZipRecruiter.

Beberapa dari posisi ini dapat dilakukan di pemerintah atau universitas, yang dapat memiliki lebih banyak keamanan kerja. Mereka juga kurang kompetitif dibandingkan peran ekonom di bisnis, di mana pekerja harus membantu memenuhi garis bawah tertentu.

Ekonom lingkungan juga memiliki banyak kebebasan dalam peran mereka, menurut 81 persen responden O*NET. Plus, “ini benar-benar pekerjaan yang memuaskan,” kata Buber.

Di mana Anda mengetahui melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan, bahwa Anda melakukan sesuatu yang baik untuk kemanusiaan. Itu membuat mereka senang pergi bekerja setiap hari. 

 

3 dari 3 halaman

Harus Ingat Ini

Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan pekerjaan sendiri untuk menjadi ekonom lingkungan, perlu diingat, semua pengalaman kerja adalah relatif, dan tidak ada pekerjaan yang bebas stres sama sekali.

“Saya pikir akan sulit untuk menemukan pekerjaan yang tidak memiliki stres,” kata Vicki Salemi, pakar karir di Monster, bahkan yang satu ini.

“Penting untuk ditekankan bahwa ini adalah stres yang lebih rendah. Bukan berarti tidak ada stres sama sekali.” Dan bahkan jika pekerjaan itu sendiri adalah stres yang relatif lebih rendah, "lingkungan beracun dapat sangat meningkatkan stres Anda" jika Anda tidak bergaul dengan atasan atau kolega Anda, katanya.

Pastikan untuk berbicara dengan orang-orang yang bekerja di organisasi yang Anda lamar saat masih dalam proses wawancara untuk memahami budaya di dalam. Memiliki informasi sebanyak mungkin dapat membantu Anda menghindari lingkungan kerja yang beracun, terlepas dari peran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.