Sukses

Sepasang Miliarder Sumbangkan Rp 15,3 Miliar Tiap Minggu Buat Amal

Miliarder Rob Hale yang menjadi salah satu pendiri dan presiden Granite Telecommunications sekaligus salah satu pemilik Boston Celtics memiliki kekayaan sekitar USD 5 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Sepasang miliarder Rob dan Karen Hale telah menyumbangkan sekitar USD 1 juta (Rp 15,3 miliar) setiap minggunya di tahun ini untuk 52 organisasi nirlaba. Sebagian sumbangan ini nantinya akan digunakan untuk amal.

Menurut perkiraan Forbes, Rob Hale yang menjadi salah satu pendiri dan presiden Granite Telecommunications sekaligus salah satu pemilik Boston Celtics memiliki kekayaan sekitar USD 5 miliar.

Dia dan istrinya telah lama menjadi filantropis yang kali ini berusaha mengalokasikan uangnya untuk organisasi nirlaba yang lebih kecil.

Sebagian besar dari sumbangan ini akan menjadi sumbangan amal dan diinvestasikan untuk menghasilkan aliran pendapatan tahunan agar organisasi nirlaba dapat memanfaatkan persentase setiap tahunnya.

“Ini adalah organisasi yang hebat dan berdampak, tetapi mereka berada di sayap dan doa,” kata Hale seperti dilansir Fortune, Rabu (12/10/2022). “Mereka tidak memiliki kepastian finansial.”

Pada akhir September, Hales sendiri telah menyumbangkan USD 28,5 juta kepada 29 organisasi yang berbeda.

Di dalamnya termasuk organisasi yang menangani masalah lingkungan, kanker, kebutuhan akan tempat berlindung di Republik Dominika, dan akses yang lebih besar bagi pemuda Boston yang ingin berpartisipasi dalam misi pelayanan. Besarnya sekitar USD 17 juta untuk hadiah non-endowmen.

Sementara itu, sebelas organisasi lain telah menerima janji dan sedang dalam pembukuan untuk sumbangan, meninggalkan 12 badan amal sebelum mencapai tujuan mereka. Ini menempatkan Hales "sedikit di belakang ", menurut Forbes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan ke Depannya

Uang itu membuat perbedaan besar bagi organisasi nirlaba ini, banyak di antaranya menurut laporan Forbes memiliki pendapatan tahunan kurang dari USD 5 juta.

Tidak mudah untuk bertahan bagi organisasi nirlaba selama pandemi. Banyak yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan di pasar tenaga kerja yang ketat dan mengalami kesulitan dalam penggalangan dana di lingkungan virtual.

Bahkan menurut survei CAF America yang dilakukan pada Agustus 2021 menunjukkan bahwa organisasi besar (dengan lebih dari 21 karyawan) sekitar dua kali lebih mungkin untuk bertahan atau berkembang daripada organisasi nirlaba yang lebih kecil.

 

 

3 dari 3 halaman

Miliarder Lain

Hale berharap organisasi nirlaba akan menginvestasikan USD 1 jutanya sehingga dana dapat meningkat dari waktu ke waktu dan penarikan setidaknya 5 persen per tahun, menurut Forbes, itu setara dengan USD 50.000.

"Itu memberi mereka lebih banyak masa depan yang stabil dan itu memberi mereka kemampuan [untuk] mengatakan, 'Oke, kami tahu dari mana uang itu berasal dan kami dapat fokus melakukan pekerjaan hebat’," kata Hale.

Namun, tidak hanya dari keluarga Hale, banyak keluarga lain yang menyalurkan kekayaannya untuk beramal.

Selama pandemi, orang-orang terkaya di dunia menyumbang 11 persen dari kekayaannya global, menurut Laporan Ketimpangan Dunia dari World Inequality Lab dari tahun 2021.

Ketika para miliarder mengumpulkan lebih banyak uang, mereka mulai mencari cara untuk memberikan sebagian dari kekayaan mereka yang berlebihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.