Sukses

Mengenal Para Miliarder Penyumbang Kakap Partai Republik dan Demokrat AS

Liputan6.com, Jakarta - Setidaknya 59 miliarder di Amerika Serikat dilaporkan telah mengeluarkan hampir USD 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun kepada partai politik negara itu.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (11/10/2022) Partai Republik AS menerima dukungan dana dari setidaknya 42 miliarder dan pasangan mereka, yang sumbangan politiknya kemungkinan akan mendanai biaya kampanye menjelang pemilihan pada 8 November mendatang.

Pasangan-pasangan miliarder ini dilaporkan telah menyalurkan USD 79 juta ke Dana Kepemimpinan Kongres, komite yang didedikasikan untuk memilih anggota partai Republik di DPR AS, menurut catatan Komisi Pemilihan Federal.

Seorang juru bicara PAC juga mengatakan kepada Forbes bahwa mereka sudah mengumpulkan USD 36 juta pada September 2022, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh outlet media New York Times.

Berikut adalah nama-nama miliarder yang menyumbangkan dana besar untuk partai Republik AS :

1. Ken Griffin

Dengan kekayaan bersih senilai USD 29,8 miliar, yang sebagian besar dikumpulkan melalui Hedge Funds, Griffin telah menyumbangkan dana sebesar USD 18,5 juta kepada Partai Republik.

2. Patrick Ryan

Dengan kekayaan bersih senilai USD 8,5 miliar, miliarder perusahaan asuransi Patrick Ryan telah mendonasikan dukungan senilai USD 10 juta kepada Partai Republik.

3. Steven Schwarzman

Serupa dengan Ryan, Schwarzman, yang mengantongi kekayaan bersih USD 29,1 miliar juga menyalurkan donasi sebesar 10 juta kepada Partai yang sama.

4. Miriam Adelson

Miliarder kasino asal Las Vegas, Miriam Adelson juga ikut menyumbangkan USD 10 juta kepada Partai Republik AS.

5. Charles Schwab

Berlanjut dengan miliarder asal Woodside, California, Charles Schwab yang menyumbangkan USD 6,5 juta bersama istrinya Helen, untuk mendukung Partai yang mengusung Donald Trump dalam pilres AS 2020.

6. Jude Reyes dan Chris Reyes

Pasangan miliarder asal Palm Beach, Florida yakni Jude Reyes dan Chris Reyes menggelontarkan USD 4,2 juta kepada Partai Republik. Kekayaan bersih pasangan ini masing-masing senilai USD 7 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pendukung Partai Demokrat AS

Adapun nama-nama miliarder lainnya yang menyumbangkan dana besar untuk partai Demokrat AS, menurut laporan Forbes :

1. Sam Bankman-Fried

Miliarder Cryptocurrency asal Nassau, Bahama dengan kekayaan USD 17 miliar, Sam Bankman-Fried menyumbangkan dukungan kepada Partai Demokrat AS sebesar USD 6 juta.

2. Jim Simons

Selanjutnya ada miliarder Dana Lindung Nilai asal New York,  Jim Simons yang menyumbangkan dukungan kepada Partai Demokrat AS sebesar USD 2,5 juta. 

3. George Marcus

Dengan kekayaan bersih senilai USD 1,4 miliar, George Marcus yang merupakan miliarder Real Estat menyumbangkan dukungan kepada Partai Demokrat AS sebesar USD 2 juta.

4. Reid Hoffman

Hoffman, bos LinkedIn dengan kekayaan USD 1,9 miliar, menyumbangkan dukungan kepada Partai Demokrat AS sebesar USD 2 juta

5. Reed Hastings

Berlanjut dengan bos Netflix, Reed Hastings yang mengantongi kekayaan USD 2,7 miliar, mendukung Partai Demokrat AS dengan sumbangan senilai USD 1,9 juta. 

Donasi ini disalurkan Hastings bersama istrinya, Patty Quillin.

6. Jon Stryker

Miliarder perusahaan alat medis asal New York dengan kekayaan USD 3,7 miliar, Jon Stryker mendukung Partai Demokrat AS dengan donasi sebesar USD 1,3 juta.

 

3 dari 3 halaman

Milarder Lainnya

7. Steve Ballmer

Steve Ballmer, Miliarder Microsoft asal Hunts Point, Washington, dengan kekayaan USD 80,8 miliar mendukung Partai Demokrat AS dengan donasi sebesar USD 1 juta.

 Donasi ini disalurkan Ballmer bersama istrinya, Connie.

8. Stephen Mandel, Jr.

Miliarder Dana Lindung asal Greenwich,  Stephen Mandel, Jr. mendukung Partai Demokrat AS dengan donasi sebesar USD 1 juta.

9. Amy Goldman Fowler

Adapun milirder Real Estat, Amy Goldman Fowler yang mendukung Partai Demokrat AS dengan donasi sebesar USD 500 ribu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS