Sukses

BSU Rp 600 Ribu atau BLT Gaji Tak Kunjung Cair, Ketahui Penyebab dan Harus Lakukan Apa

Liputan6.com, Jakarta BSU Tahap IV Cair Sejak 3 Oktober 2022. Secara total hingga saat ini, Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2022 secara nasional sudah tersalurkan kepada 8,16 juta pekerja dan buruh. Angka ini mencapai 63,60 persen dari target.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap kepada para penerima BSU Rp 600 ribu ini agar mempergunakan uangnya dengan sebaik-baiknya.

"Tentu kita berharap bantuan ini digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, tidak untuk kebutuhan yang tidak perlu," ujar dia seperti dikutip Jumat (7/10/2022).

Namun mungkin ada yang mengeluhkan jika  hingga kini tak kunjung mendapatkan pencairan BLT gaji ini. Seperti tidak lolos Tidak lolos verifikasi dan validasi (verivali) dan gagal salur BSU 2022.

Kementerian Ketenagakerjaan melalui akun instagram resminya @kemnaker menjelaskan hal ini, seperti dikutip Jumat (7/10/2022).

"Berikut alasan yang dapat Rekanaker pahami ketika notifikasi tidak lolos verifikasi dan validasi (verivali) bank serta alasan gagal salur #BSU2022," mengutip penjelasan Kemnaker.

Disebutkan ada 2 hal yang bisa menyebabkan penyaluran BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 ini gagal. Pertama, tidak lolos verifikasi dan validasi (verivali) bank.

Ini artinya rekening penerima bantuan ditemukan tidak aktif/tidak valid sehingga belum ditetapkan sebagai penerima.

Alasan lain adalah gagal salur. "Dari hasil verivali bank rekening calon penerima sudah dinyatakan aktif dan sudah ditetapkan sebagai penerima, namun setelah ditransfer secara sistem, rekening tersebut berubah statusnya dari aktif menjadi non aktif sehingga gagal disalurkan," lanjut penjelasan Kemnaker.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Harus Apa?

Perihal kedua alasan ini, Kemnaker membeirkan penjelasan akan nasib penerimana tersebut. "Kedua data dimaksud yakni tidak lolos verivali dan gagal salur nantinya akan dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk diupdate," jelas Kemnaker.

Agar tetap bisa menerima penyaluran BSU 2022 senilai Rp 600 ribu ini, masyarakat diharapkan juga berperan aktif untuk dapat melakukan update atau pemutakhiran data rekening melalui HRD perusahaan.

Adapun rincian untuk penerima BSU tahap I sebanyak 4.112.052 orang, penerima tahap II sebanyak 1.607.776 orang, penerima tahap III sebanyak 1.357.722 orang, dan penerima tahap IV sebanyak 1.091.437 orang.

 

3 dari 4 halaman

Mau Cek Pencairan BSU tapi Lupa Password? Ini Solusinya

Bantuan Subsidi Upah atau BSU tahap 4 sebesar Rp 600 ribu sudah mulai kembali dicairkan oleh pemerintah mulai kemarin, Senin 3 Oktober 2022.

Informasi cairnya BSU tahap 4 juga dikabarkan langsung oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui akun sosial media Instagramnya @kemnaker.

Untuk rinciannya, BSU 2022 tahap pertama telah disalurkan sebanyak 4.112.052 penerima, kemudian untuk tahap kedua 1.607.776 dan tahap ketiga 1.375.772 pekerja. Semua total penerimaan hingga tahap ketiga yakni 7.077.550 orang.

Target penerima subsidi gaji 2022 ini sejumlah 14.639.675 pekerja/buruh dengan total anggaran Rp 8.804.969.750.000.

Adapun jika Kamu sudah memiliki akun silahkan langsung login ke akun SIAPkerja, yang bisa diakses melalui laman BSU BPJS Ketenagakerjaan siapkerja.kemnaker.go.id

Lantas, bagaimana jika mau cek BSU tapi lupa password akun SiapKerja?

“Jika Rekanaker lupa password (kata sandi) Akun Kemnaker, maka Rekanaker dapat meresetnya melalui tautan Lupa Password,” tulis @kemnaker, diikuti Rabu (5/10/2022).

 

4 dari 4 halaman

Caranya

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset password Akun SiapKerja pada halaman website siapkerja.kemnaker.go.id

1. Pada halaman Lupa Password silahkan masukan Nomor Induk Kependudukan / Alamat Email yang Rekanaker gunakan saat proses pendaftaran sebelumnya. Setelah itu silahkan tekan tombol "Lanjutkan".

2. Setelah Rekanaker menekan tombol "Lanjutkan" maka akan muncul halaman baru untuk mereset password. Silakan masukan Password Baru dan Kode Verifikasi pada form isian yang tersedia.

Untuk mendapatkan Kode Verifikasi silakan klik tautan "Kirim Ulang Kode Verifikasi" dan Kode Verifikasi akan dikirimkan ke alamat email Rekanaker sesuai yang didaftarkan pada saat melakukan proses pendaftaran sebelumnya.

Setelah selesai memasukan semua informasi yang dibutuhkan, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol "Reset Password".

3. Silakan menunggu sampai muncul notifikasi Reset Password berhasil, dan Rekanaker dapat menggunakan password baru untuk login di portal siapkerja.kemnaker.go.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.