Sukses

Ramaikan Bandara Soedirman Purbalingga, 6 Bupati Blocking Kursi

Penerbangan dari dan ke Bandara Soedirman sangat potensial, dan pelayanan penerbangan di bandara ini telah dinanti oleh masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, siap melayani kembali penerbangan komersial. Sebanyak enam kepala daerah di Jawa Tengah menyatakan komitmen untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat di Bandara Jenderal Besar Soedirman melalui blocking seat atau pembelian kursi, yakni dari Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen.

Skema pembelian kursi ini akan dibahas lebih lanjut antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing, dengan fasilitasi dari Kemenhub.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para kepala daerah yang kompak akan mengupayakan block seat. Ini artinya ada jaminan tingkat keterisian penumpang pesawat dan memberikan kepastian adanya penerbangan di bandara ini," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Menhub mengatakan, upaya memberikan jaminan block seat ini dilakukan sebagai upaya awal agar penerbangan dari dan ke Bandara Soedirman dapat segera beroperasi kembali setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Kita harapkan block seat ini tidak berlangsung lama dan setelah itu menjadi penerbangan yang biasa," tuturnya. Ditargetkan mulai Oktober 2022, semua pihak baik pemda, operator penerbangan, serta operator bandara, sepakat berkomitmen menyelenggarakan tiga flight/penerbangan dalam satu pekan sebagai permulaan.

"Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai, untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini," ucap Menhub.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur, Menhub melanjutkan, pemerintah memastikan infrastruktur yang telah dibangun harus dapat delivered atau dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kami ingin memastikan bandara ini berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat," kata Menhub.

Menurut dia, penerbangan dari dan ke Bandara Soedirman sangat potensial, dan pelayanan penerbangan di bandara ini telah dinanti oleh masyarakat Purbalingga dan sekitarnya. "Keberadaan bandara ini diyakini akan memberikan banyak manfaat positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat di Purbalingga dan sekitarnya," tandas Budi Karya Sumadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Perdana 10 Agustus, Cek Jadwal Wings Air di Bandara Purbalingga

Maskapai Wings Air bakal melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 2022 mendatang di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS), Purbalingga, Jawa Tengah.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan siap melakukan pelayanan prima kepada penumpang dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga.

Ada beberapa layanan yang akan disajikan salah satunya armada pesawat dengan teknologi canggih dari perusahaan yang bermarkas di Perancis dan Italia yaitu jenis pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500.

“ATR 72 adalah jenis pesawat canggih di kelasnya yang didesain tepat melayani penerbangan jarak pendek dengan teknologi canggih di kelasnya,” katanya, dikutip dari keterangan Kominfo Purbalingga, Selasa (19/7/2022).

Dia menambahkan, aspek kesehatan juga menjadi prioritas layanan seperti kualitas udara segar terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi. Selain itu, sterilisasi kabin pesawat juga dilakukan secara terus menerus sehingga kebersihan dalam pesawat tetap terjaga.

“Kami jamin layanan termasuk dari aspek kesehatan dan kebersihan yang akan kami jaga terus menerus,” ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.