Sukses

Melihat Harga Perhiasan Berharga Peninggalan Mendiang Ratu Elizabeth II dari Inggris

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Inggris tengah berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022).  Pihak Keluarga Kerajaan Inggris mengatakan bahwa sang Ratu menghembuskan nafas terakhirnya dengan damai di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II kerap menjadi sorotan saat menghadiri berbagai acara penting. Salah satunya saat dia menghadiri acara Platinum Jubilee dalam merayakan 70 tahun kekuasaannya di Kerajaan Inggris. 

Dilansir dari laman express.co.uk, Jumat (9/9/2022) jam tangan Jaeger LeCoultre adalah satu perhiasan yang sangat istimewa dalam koleksi Ratu Elizabeth II.

Dibuat pada tahun 1929, jam tangan ini dikenakan oleh mendiang Ratu pada saat penobatannya pada tahun 1953 dan merupakan hadiah untuknya dari Presiden Prancis saat itu, Vincent Auriol.

Jam tangan ini dihiasi dengan 110 Berlian dan masih diproduksi hingga saat ini dalam jumlah yang sangat kecil. Saat itu, jam tangan Jaeger LeCoultre tersebut dijual seharga 135.000 pound sterling atau setara Rp 2,3 miliar. 

Kemudian pada tahun 2012, pihak Jaeger LeCoultre kembali menghadiahkan jam tangan versi emas putih kepada Ratu Elizabeth II sebagai perhiasan untuk perayaan Platinum Jubilee-nya.

''Jam tangan asli yang dikenakan saat penobatan akan dianggap sebagai karya museum dan jika tidak dijual akan bernilai antara 3-5 juta pound sterling untuk seorang kolektor," kata para ahli di H&T.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalung Mutiara Jepang

Kalung choker buatan Jepang yang dimiliki Ratu Elizabeth II terdiri dari mutiara terbaik yang diberikan kepadanya oleh Pemerintah Jepang dan disatukan dengan bagian tengah Berlian oleh Garrard the Crown Jeweller sekitar tahun 1982.

Kalung ini juga pernah dikenakan oleh Putri Diana dan Duchess of Cambridge, Kate Middleton.

Mempertimbangkan bahwa perhiasan ini akan dianggap relatif modern, para ahli menempatkan harga kalung tersebut senilai 500.000 pound sterling atau setara Rp 8,5 miliar. 

3 dari 3 halaman

Mahkota Negara Kekaisaran

The Imperial State Crown atau Mahkota Negara menjadi perhiasan paling menonjol yang dimiliki mendiang Ratu Elizabeth II.

Mahkota ini dihiasi dengan potongan berlian 317,4 karat dari batu kasar berkualitas permata terbesar yang pernah ditambang.

Batu Stuart Sapphire 104 karat yang berada di mahkota tersebut dinamai 'Old Pretender'.

Meski tidak dijual, Imperial State Crown diperkirakan bernilai antara 3-5 miliar pound sterling, yang paling mahal dari semua perhiasan Ratu Elizabeth II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.