Sukses

Indra Karya Dukung Produktivitas UMKM Kepulauan Seribu

Indra Karya menyerahkan bantuan berupa peralatan sarana prasarana produksi kepada lima kelompok UMKM yang ada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta PT Indra Karya (Persero) melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyerahkan bantuan berupa peralatan sarana prasarana produksi kepada lima kelompok UMKM yang ada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Penyerahan bantuan ini hasil kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Dharma Wanita Persatuan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero), Gok Ari Joso Simamora menyampaikan bahwa penyaluran bantuan mesin jahit ini merupakan bentuk keterlibatan Indra Karya yang bertujuan mendukung operasional atau produk UMKM agar bisa maksimal serta mendukung upaya pemerintah meningkatkan aktivitas perekonomian lewat pemberdayaan UMKM.

“Tidak hanya sebatas bantuan saja, tetapi kita dampingi dari hulu hingga ke hilir. Kalau dari hulu, apa yang dibutuhkan seperti fasilitas di bidang sarana dan prasarana kemudian dari hilir kita dampingi dan kita bina di bidang SDM-nya berupa pelatihan-pelatihan seperti bagaimana mengelola usaha tersebut dengan baik,” ujar Gok Ari, ditulis Rabu (7/9/2022).

Bantuan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan pengembangan UMKM yang masuk dalam program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kelurahan Pulau Tidung.

Penyerahan bantuan fasilitas ini, tambah Gok Ari, selain untuk meningkatkan produktivitas UMKM yang ada di Pulau Tidung dan juga sebagai tindak lanjut dari pembinaan dan pelatihan beberapa waktu lalu bagi 30 pelaku UMKM dari lima kelompok.

“Selanjutnya secara lebih mendalam kelompok tersebut fokus pada pengelolaan dan pemanfaatan limbah plastik menjadi kerajinan berupa tas, tempat tisu, keranjang buah dan lain sebagainya yang ditingkatkan melalui bimbingan khusus dalam rangka meningkatkan keunggulan produk yang kompetitif,” tambah Gok Ari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bazar UMKM

Tahapan terakhir dari Rangkaian kegiatan pengembangan UMKM adalah diadakannya bazar UMKM khususnya yang menggeluti di bidang kerajinan dengan bahan dasar limbah plastik.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Kelurahan Pulau Tidung, Hafsah menyampaikan apresiasi kepada Indra Karya sekaligus meminta jajaran Dharma Wanita di tingkat Kelurahan untuk dapat mengoptimalkan monitoring dan evaluasi bantuan yang diberikan sehingga dapat mendorong kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan UMKM.

"Bantuan berupa vokasi pelatihan dan perangkat jahit untuk jahit bahan dari limbah plastik ini sangat membantu bagi UMKM di Pulau Seribu. Bantuan ini akan kami jaga dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi guna menunjang pertumbuhan ekonomi khususnya di Pulau Tidung Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta," tutur Hafsah.

Selain penyerahan bantuan sarana UMKM, acara ini juga diisi dengan pelatihan, diskusi usaha serta bazaar bagi UMKM di wilayah Pulau Tidung.

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Syaripudin, Kepala Suku Dinas Kabupaten Administrasi Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Sujanto Budiroso, Kapolsek Kecamatan Seribu Selatan AKP. Wisnu Wardana, Lurah Kelurahan Pulau Tidung Hafsah dan beberapa perwakilan dari para UMKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Indra Karya (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi teknik dan manajemen.

    Indra Karya

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

Video Terkini