Sukses

Serena Williams Niat Pensiun Usai US Open 2022, Intip Kekayaan Petenis Dunia Ini

Dalam wawancara ekslusif dengan majalah fashion ternama Vogue, Serena Williams mengungkapkan akan segera pensiun setelah US Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Serena Williams menjadi sorotan setelah memenangkan pertandingan pertamanya di US Open 2022 pada Senin, 29 Agustus 2022. Dalam kemenangannya, Williams mengalahkan Danka Kovinic.

Sebelumnya, dalam wawancara ekslusif dengan majalah fashion ternama Vogue, Williams mengungkapkan akan segera pensiun setelah US Open 2022.

Keputusan Serena Williams untuk pensiun sudah dibuat sejak beberapa waktu lalu. Dia mengungkapkannya dalam wawancara ekslusif dengan majalah ternama Vogue. Namun majalah Vogue edisi Serena itu baru diterbitkan untuk khalayak ramai pada 9 Agustus 2022 malam WIB.

Kepada Vogue, yang menampilkan wajahnya di cover mereka edisi September 2022 berjudul "Perpisahan Serena," Serena mengakui pensiun merupakan keputusan terberat yang diambilnya.

"Saya tidak pernah menyukai kata pensiun. Mungkin kata terbaik untuk menggambarkan apa yang saya lakukan adalah evolusi. Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya berkembang dari tenis, menuju hal-hal lain yang penting bagi saya," kata Williams , dikutip Jumat (2/9/2022).

"Ada saatnya dalam hidup ketika kita harus memutuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda. Waktu itu selalu sulit ketika Anda sangat mencintai sesuatu. Ya ampun, saya menikmati tenis. Tapi sekarang, hitungan mundur telah dimulai. Saya harus fokus menjadi seorang ibu, tujuan spiritual saya dan akhirnya menemukan Serena yang berbeda, tapi tetap Serena yang menarik. Saya akan menikmati ini beberapa minggu ke depan," ungkapnya. 

Tak hanya aktif sebagai atlet tenis, Serena Williams memang aktif menggeluti berbagai bisnis. 

Melansir Forbes, Williams memiliki investasi di lebih dari 60 startup melalui perusahaannya Serena Ventures, yang mengumumkan pada Maret 2022 bahwa mereka telah mengumpulkan dana perdana sebesar USD 111 juta.  Dia juga memiliki sedikit saham di tim football AS, Miami Dolphins.

Selain itu, Williams juga akan merilis buku anak-anak pertamanya pada September 2022. 

Forbes mencatat, dalam kemenangannya saat bertanding sebagai petenis, Williams bisa menerima penghasilan hingga USD 300.000 atau setara Rp 4,4 miliar. Adik Venus Williams itu juga berada di urutan 31 daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia (2022) versi Forbes.

Adapun nama Williams yang berada di urutan 90 untuk pengusaha perempuan paling sukses di AS, atau Forbes' America's Self-Made Women (2022).

Kekayaan bersih Williams tercatat hingga USD 260 juta atau setara Rp 3,8 triliun, menurut majalah itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Karir Serena Williams

Serena Williams merupakan legenda hidup petenis perempuan. Dia mampu menjuarai 73 turnamen tunggal putri sepanjang kariernya dan 23 turnamen ganda putri. Dari prestasinya menjadi juara, total Serena meraup 94 juta dolar Amerika Serikat.

Sepanjang kariernya sebagai petenis profesional, Serena sudah menyapu bersih empat Grand Slam berbeda dari Wimbledon, US Open, French Open dan Austrlia Open. Total Serena juara Grand Slam 23 kali.

Karena akan pensiun di depan publik sendiri, bakal ada sambutan dan upacara spesial yang akan dilakukan di US Open 2022. Rencananya US Open 2022 digelar pada akhir Agustus sampai awal September 2022. 

3 dari 3 halaman

Peringkat Saat Ini

Faktor usia yang mana Serena akan genap 41 tahun bulan depan membuat performanya terus merosot. Serena kini menempati rangking 407 dunia. Gelar juara Grand Slam terakhir Serena didapat pada Australia Open 2017.

Setelah itu Serena kalah empat kali di final Grand Slam. Serena melaju ke final US Open terakhir pada tahun 2019. Ketika itu Serena dikalahkan oleh Bianca Andreescu dengan 3–6, 5–7

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.