Sukses

Vaksin Booster Kedua Baru untuk Nakes, Masyarakat Umum Kapan?

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksin booster ke-2 atau vaksin ke-4 baru ditujukan untuk para tenaga kesehatan (nakes). Hingga kini pemerintah belum berencana menambah vaksinasi kepada masyarakat umum seperti para nakes.

"Vaksinasi keempat ini akan diberikan ke nakes," kata Budi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (11/8).

Budi menurutkan, saat ini cakupan masyarakat yang menerima vaksin booster masih belum maksimal. Sehingga untuk masyarakat umum lebih didorong untuk vaksin booster pertama.

"Masyarakat umum masih banyak dosis ketiganya belum, ayo diajak dulu dosis ketiganya," kata dia.

Budi menyebut berdasarkan data sementara masyarakat yang mendapatkan vaksin booster pertama baru 50 juta orang atau sekitar 20 persen dari total masyarakat. Apalagi vaksin booster terbukti meningkatkan angka kekebalan hingga 4.000 titer antibodi.

"Karena (vaksin Covid-19) dosis 3 itu terbukti (meningkatkan antibodi) 4.000 (titer antibodi). Jadi perlindungannya itu bagus sekali," kata dia.

Berdasarkan data ilmiah, kata Budi, populasi masyarakat Indonesia relatif imunitasnya lebih tahan dibandingkan dengan masyarakat dari negara lain.

Sehingga dalam membuat kebijakan, pemerintah menggunakan konsep gas dan rem antara sektor kesehatan dengan sektor ekonominya.

"Jadi saya bisa bilang ke Pak Menko (Airlangga), Pak Menko digas sedikit enggak apa-apa kok. Ini kayaknya mobilnya masih sehat, mungkin arahnya nanti ke arah sana," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenkes Masih Kaji Vaksinasi Booster Anak Sekolah 6-11 Tahun

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia belum berencana memberikan vaksin booster atau dosis 3 bagi anak sekolah rentang 6 - 11 tahun. Vaksinasi COVID-19 usia 6 - 11 tahun saat ini untuk kelengkapan dosis primer (dosis 1 dan 2).

"Kalau (booster) anak-anak masih dalam kajian, tunggu saja beritanya (kabar lebih lanjut)," ucap Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril usai acara peluncuran 'YouTube Health' di Kantor Google Indonesia, Pacific Century Place, SCBD, Jakarta Selatan, pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Berdasarkan data Vaksinasi COVID-19 Kemenkes per 10 Agustus 2022 pukul 18.00 WIB, cakupan vaksinasi dosis 2 usia 6 - 11 di angka 65,87 persen atau sudah 17.389.040 anak yang disuntik, sedangkan dosis 1 79,61 persen atau 21.017.558 anak yang disuntik. Cakupan ini perlu dikejar sesuai target 26.400.300 anak.

Berkaitan dengan vaksinasi booster anak, Anggota Satgas Imunisasi Anak PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Soedjatmiko menilai belum diperlukan untuk anak-anak. Vaksin penguat atau booster sebaiknya difokuskan pada kelompok lansia dan komorbid.

"Untuk sementara, vaksin dua kali pada anak cukup. Buktinya? Sakit COVID-19 berat dan meninggal pada anak sangat sedikit. Sedangkan, lansia sangat banyak, yakni 47,5 persen," jelasnya pada 19 Juli 2022.

Ada beberapa alasan, menurut Soedjatmiko, anak dinilai belum memerlukan vaksinasi booster. Pertama, angka kesakitan (morbiditas) tertinggi penularan COVID-19 terjadi pada orang berusia 31 - 45 tahun, sebesar 28,9 persen. Kedua, angka kematian atau mortalitas tertinggi terjadi pada orang berusia 60 tahun ke atas, sebesar 47,5 persen.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Belum Ada Uji Klinik Vaksin Booster Anak

Alasan ketiga, anak usia 6 - 11 tahun belum perlu booster adalah persoalan keterbatasan jumlah sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan. Nakes sudah "tersedot" untuk vaksinasi COVID-19 pada usia 6 tahun hingga lansia, imunisasi rutin, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Keempat, belum ada perusahaan produsen vaksin COVID-19 yang mengajukan hasil uji klinik dan imunogenesitas untuk booster pada usia 6 tahun.

"Ini juga jadi salah satu alasan belum perlunya booster di kalangan usia anak," Soedjatmiko menerangkan.

Di sisi lain, penyakit lain yang disebabkan virus seperti campak, rubella, difteri, dan risiko terinfeksi kembali polio pun masih menjadi ancaman nyata bagi anak usia 6 tahun ke atas.

Saat ini, Pemerintah masih fokus mendistribusikan vaksin penguat atau booster bagi kelompok lansia dan warga usia 18 - 59 tahun serta vaksin COVID-19 dosis kedua untuk usia 6 - 11 tahun.

4 dari 4 halaman

Vaksinasi COVID-19 Anak Aman

Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sekaligus Ketua Pokja Imunisasi Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI), Cissy Kartasasmita, juga menegaskan, vaksinasi COVID-19 anak aman. Ini memberikan proteksi antibodi dari virus SARS-CoV-2.

Orangtua diharapkan dapat membawa anak untuk segera vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

“Vaksinasi anak terbukti aman, kalaupun ada KIPI, sifatnya ringan dan segera hilang," tegas Cissy dalam keterangan yang diterima Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut, Cissy menuturkan, hingga akhir Februari 2022, belum pernah mendapat laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksinasi COVID-19 usia anak yang berat.

"KIPI cenderung ringan pada anak karena vaksin yang diberikan adalah Sinovac. Ini adalah vaksin yang dilemahkan dan tidak aktif (inactive), sama seperti kebanyakan vaksin yang digunakan dalam program imunisasi anak," jelasnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.