Sukses

Pertumbuhan Ekonomi Maluku dan Papua Meroket, Capai 13 Persen

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil menembus angka 5,44 persen secara tahunan atau year on year (YoY) pada kuartal II 2022. Raihan ini ditopang oleh pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah yang juga positif.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengutarakan, secara spasial struktur perekonomian Indonesia pada triwulan II 2022 masih dipimpin oleh Pulau Jawa.

"Dengan kontribusi terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB) sebesar 56,55 persen, Pulau Jawa tumbuh sebesar 5,66 persen," ujar dia dalam sesi teleconference, Jumat (5/8/2022).

Meski kontribusi terhadap PDB jadi yang terkecil sebesar 2,51 persen, ekonomi di Maluku dan Papua justru tumbuh tertinggi hingga double digit.

"Kelompok Pulau Maluku dan Papua kembali mencatat pertumbuhan (YoY) tertinggi sebesar 13,01 persen," imbuh Margo.

Bila dirinci menurut masing-masing wilayah, kawasan Indonesia Timur memegang kendali besar dalam pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022.

Pulau Sulawesi yang memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 7,09 persen ekonominya sukses tumbuh 6,47 persen, tertinggi kedua setelah Maluku dan Papua.

Kemudian, Pulau Sumatera dengan kontribusi PDB sebesar 22,03 persen pada kuartal II 2022 mencatat pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata nasional, yakni 4,95 persen.

Juga Kalimantan dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 9,09 persen hanya tumbuh 4,25 persen. Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 terendah berada di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, yang berkontribusi terhadap PDB 2,73 persen dan hanya menyentuh angka 3,94 persen.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022 Tembus 5,44 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 tembus 5,44 persen secara tahunan (year on year/YoY) dibandingkan kuartal I pada 2021 sebelumnya.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 bila dibandingkan dengan triwulan I 2022 tumbuh 3,72 persen. Bila dibandingkan kuartal II 2021, tumbuh 5,44 persen," terang Kepala BPS Margo Yuwono dalam sesi teleconference, Jumat (5/8/2022).

Secara kumulatif, Margo mengatakan, ekonomi Indonesia di sepanjang semester I 2022 ini sukses tumbuh 5,23 persen dibandingkan dengan semester I 2021.

Merujuk pada catatan peristiwa domestik, capaian tersebut berhasil diperoleh karena adanya mobilitas yang makin tinggi dibanding periode-periode sebelumnya.

"Untuk mobilitas terjadi kenaikan penumpang untuk seluruh moda transportasi. Rilis BPS sebelumnya disampaikan, selama Q2 ini penumpang transportasi tumbuhnya sangat signifikan, baik secara q2q maupun secara YoY," imbuhnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah dan Bank Indonesia

Dari sisi pemerintah dan Bank Indonesia, juga berupaya bagaimana melakukan kebijakan untuk meminimkan dampak tekanan global terhadap indonesia.

"Pertama, subsidi dan bantuan sosial, realisasinya pada triwulan 2 meningkat cukup tajam. Secara YoY meningkat 11,24 persen untuk subsidi energi, dan bansos meningkat 56,17 persen," papar Margo.

Pada sisi moneter, Bank Indonesia juga masih menahan kenaikan suku bunga acuan di level 3,5 persen. Sehingga itu memberikan dampak kondusif terhadap pelaku usaha.

"Daya beli masyarakat masih tumbuh juga dengan mempertimbangkan inflasi, khususnya inflasi inti. Inflasi inti masih terjaga meski ada kenaikan. Itu menggambarkan daya beli makin baik, inflasi inti 2,63 persen di akhir Juni 2022," tuturnya.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.
    Pertumbuhan Ekonomi
  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.
    ekonomi
  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.
    BPS
  • jawa
  • Papua