Sukses

Wings Air Terbang Perdana di Bandara Pondok Cabe, Ini Rutenya

Pesawat yang akan dioperasikan Wings Air jenis ATR 72-600 registrasi PK-WGI telah mendarat di Bandar Udara Pondok Cabe.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Wings Air mulai terbang perdana dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada Jumat ini, 5 Agustus 2022. Penerbangan dilakukan sehari dalam sepekan.

Bahkan pesawat yang akan dioperasikan Wings Air jenis ATR 72-600 registrasi PK-WGI telah mendarat di Bandar Udara Pondok Cabe.

Pesawat ini diterbangkan langsung (ferry flight) dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat (BDO).

""Wings Air pada Kamis (04/ 08) telah mempersiapkan opersional dan layanan penerbangan," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi.

Adapun rute penerbangan maskapai dengan kode penerbangan IW dengan tujuan Jawa Tengah bagian barat – Purbalingga, melalui Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (PWL). Dengan destinasi: Banyumas – Banjarnegara – Purbalingga – Cilacap – Kebumen (MAS BARLING CAKEB) serta daerah lain di sekitar.

Kemudian Jawa Tengah bagian timur – Cepu Blora, melalui Bandar Udara Ngloram (CPF). Destinasi: Blora – Tuban – Rembang – Bojonegoro (RATU BANG NEGORO) dan wilayah lain di sekitar.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Berikut jadwal penerbangan Wings Air di Bandara Pondok Cabe:

1. Kota Asal: Pondok Cabe (PCB) 

Kota Tujuan: Purbalingga (PWL) 

No. Terbang: IW-1710

Jadwal Berangkat: 08.20 

Jadwal Tiba: 09.30

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

2. Kota Asal: Purbalingga (PWL)

Kota Tujuan:  Pondok Cabe (PCB) 

No. Terbang: IW-1711

Jadwal Berangkat: 09.50 

Jadwal Tiba: 11.00

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

3. Kota Asal: Pondok Cabe (PCB) 

Kota Tujuan:  Cepu Blora (CPF)

No. Terbang: IW-1910

Jadwal Berangkat: 11.20

Jadwal Tiba: 12.55

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

4. Kota Asal: Cepu Blora (CPF) 

Kota Tujuan:  Pondok Cabe (PCB) 

No. Terbang: IW-1911

Jadwal Berangkat: 13.15

Jadwal Tiba: 14.45

Frekuensi:  Setiap Jumat

3 dari 4 halaman

Dukung Ekonomi

Danang optimis, operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian.

Pada tahap awal, frekuensi penerbangan Wings Air dari Bandara Pondok Cabe hanya sekali dalam seminggu pergi pulang (PP).

Terdapat beberapa nilai lebih yang diharapkan bisa terjadi saat penerbangan ini terlaksana baik bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis.

Mulai dari memperpendek jarak antardaerah, mempersingkat waktu perjalanan. Kemudian menarik kunjungan pebisnis dan wisatawan dan pengembangan potensi daerah berbasis kearifan lokal.

"Wings Air optimis, operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian,"  jelas Danang.

 

4 dari 4 halaman

Angkasa Pura II Bakal Jadi Operator Bandara Pondok Cabe

PT Pelita Air Service (PAS) berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura II guna mengkaji bersama kelayakan operasi, teknik, dan bisnis pengelolaan Bandar Udara Pondok Cabe.

Kolaborasi ini diinisiasi dalam rangka perencanaan pengembangan Bandar Udara yang berlokasi di Tangerang Selatan tersebut.

PT Angkasa Pura II dipercaya sebagai mitra dalam perencanaan dan juga nantinya menjalankan operasional bandara Pondok Cabe yang saat ini masih sepenuhnya dikelola oleh PT Pelita Air Service.

Kerjasama yang dilakukan dengan Angkasa Pura II yaitu penyusunan kajian dalam bentuk studi kelayakan yang mencakup aspek operasi, teknik, bisnis dan aspek legal.

Tak hanya itu saja, PT Pelita Air Service bersama PT Angkasa Pura II bekerjasama melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan meliputi pihak Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, PT Pertamina (Persero), Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan pihak-pihak terkait lainnya

Direktur Utama PT Pelita Air Service Dendy Kurniawan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Angkasa Pura II, mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan PT Angkasa Pura II sebagai upaya dalam memaksimalkan potensi besar yang dimiliki Bandara Pondok Cabe untuk dapat dikembangkan.

“Dengan sinergi yang dilakukan PT Pelita Air Service dan PT Angkasa Pura II semakin membuka peluang besar dalam memaksimalkan aset yang ada, sehingga nantinya Bandara Pondok Cabe dapat memfasilitasi berbagai kegiatan bisnis di sektor Penerbangan dan diharapkan dapat memperkuat ekosistem penerbangan Indonesia,” kata Dendy, Kamis (14/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.