Sukses

Tiger Woods Masuk Daftar Atlet Termahal Sepanjang Masa, Intip Besar Hartanya

Liputan6.com, Jakarta - Atlet golf dunia Tiger Woods didapuk masuk daftar miliarder dunia. Dia baru saja memasuki daftar atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa versi Forbes.

Karir atlet golf ternama di dunia, Tiger Woods semakin bersinar, ketika dia memenangkan ajang Masters untuk kelima kalinya.

Dengan pengalamannya yang panjang di lapangan, Woods mengantongi kekayaan yang cukup besar hingga membuatnya memiliki kapal pesiar, jet pribadi, rumah besar, hingga ruangan tersendiri untuk bermain video game.

Dilansir dari Insider, Senin (1/8/2022) Woods baru saja memasuki daftar atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa versi Forbes, dan sekarang menjadi miliarder.

Sejak menjadi atlet golf profesional pada tahun 1996, Woods mengantongi penghasilan hingga USD 1,4 miliar atau setara Rp 20,8 triliun, di mana lebih dari USD 122 juta (Rp 1,8 triliun) di antaranya berasal dari kemenangannya di lapangan. 

Dalam kemenangannya di Tour Championship saja, Woods sudah mengantongi hadiah senilai USD 4,6 juta (Rp 68,4 miliar) dan USD 3,0 juta (Rp 44,6 miliar) untuk finis kedua di Piala FedEx - salah satu bayaran terbesarnya dalam golf.

Menurut Forbes, Woods sekarang menjadi miliarder, bergabung dengan LeBron James sebagai satu-satunya atlet yang mencapai status tersebut saat masih aktif.

Pada puncaknya di akhir 2000-an, Woods menghasilkan USD 100 juta per tahun dari kursus. Hingga pada tahun 2020, Woods meraup pembayaran USD 60 juta (Rp 892,2 miliar) dari hasil kerja sama endorsement.

Salah satunya adalah Nike, di tahun 2013 di mana sang atlet menandatangani kontrak kerja sama senilai USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun dengan merek tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Yacht Hingga Rumah Mewah di Florida

Tetapi sejak tahun 2008, Woods belum pernah memenangkan kejuaraan golf dan dia tidak pernah menang dalam tur sejak 2013.

Meski tak lagi banyak membawa pulang piala, Woods terus menjalani gaya hidup mewah.

Setelah resmi bercerai dari istrinya, Woods dilaporkan mempertimbangkan untuk menjual megacht miliknya seharga USD 25 juta atau setara Rp 371,6 miliar.

Namun, yacht tersebut akhirnya tidak dijual, dan Woods masih menyimpannya di North Palm Beach, Florida.

Dia juga sempat menempati sebuah kapal pesiar di Long Island selama ajang US Open pada tahun 2018 di Shinnecock Hills.

Adapun rumah mewah seluas 10 hektar di Jupiter, Florida, yang dibangun dari awal hanya untuk Woods dengan biaya USD 55 juta atau setara Rp 817,6 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pernah Diramal

Dikutip dari GolfMagic, Rabu (12/5/2021) pria berusia 45 tahun ini diprediksi akan mencapai kekayaan USD 1 miliar atau tergolong sebagai miliarder dalam waktu tiga tahun lagi atau pertengahan tahun 2024, berdasarkan riset yang dilakukan Casumo.
 
Riset ini dilakukan dengan mengacu pada nilai pendapatan tahunan serta berbagai hadiah pertandingan para atlet saat ini. Karenanya, dengan nilai kekayaan USD 800 juta ditambah pendapatan USD 62,3 juta atau sekitar Rp 903 juta setiap tahun, Woods akan jadi miliarder di usia 48 tahun.
 
Di posisi kedua atlet olahraga yang dalam waktu dekat jadi miliarder adalah pesepakbola Juventus, Cristiano Ronaldo yang nilai hartanya sekitar USD 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun.
 
Dengan pendapatan tahunan USD 105 juta atau sekitar Rp 1,52 triliun, riset memprediksikan Ronaldo akan jadi miliarder di penghujung 2025 atau awal 2026 mendatang. Saat dirinya menginjak usia 40 tahun.
 
Nama lainnya ialah petenis asal Swiss, Roger Federer ada di urutan ketiga atlet yang akan mencapai gelar miliarder paling cepat. Saat ini kekayaannya ditaksir mencapai USD 450 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun.
 
Dengan pendapatan tahunan USD 106,3 juta atau sekitar Rp 1,54 triliun, ia diprediksi baru akan mencapai gelar miliarder pertengahan 2026 mendatang, atau saat usianya masuk 44 tahun.
 
Sejauh ini, legenda basket Amerika Serikat Mochael Jordan merupakan satu-satunya atlet yang pernah masuk jajaran miliarder dunia. Kekayaannya sempat menyentuh USD 2,2 miliar sebelum akhirnya ia memutuskan untuk pensiun. 
 
4 dari 4 halaman

Sumber Kekayaan

Woods merupakan salah satu atlet golf terbaik sepanjang sejarah, dan salah satu atlet olahraga paling terkenal di dunia. Pria kelahiran California ini telah memenangkan 82 kali rekor di PGA Tour.
 
Terlepas dari sejumlah kemunduran akibat serangkaian kontroversi pada kehidupan pribadinya dan kehilangan beberapa kesepakatan sponsor, mereka pakaian olahraga terkenal Nike tetap setia kepada Woods sejak dia pertama kali memulai kariernya pada pertengahan tahun 90-an.
 
Diperkirakan Woods saat ini menerima sekitar USD 60 juta atau sekitar Rp 870 miliar setahun dari sponsornya saat ini. Meliputi Nike, TaylorMade, Monster, GOLF TV, Bridgestone, Kowa, Hero, Upper Deck, Full Swing Simulators dan Centinel Spine.
 
Woods juga mengumpulkan hartanya dari merancang sejumlah lapangan golf di seluruh dunia. Termasuk pendapatan dari penampilannya di TV, yang nilainya tidak diketahui.
 
Namun untuk mencapai gekar miliarder tersebut, sebagian besar akan tergantung pada seberapa cepat Woods dapat pulih dari beberapa cedera kakinya yang dideritanya selama kecelakaan mobil di Los Angeles pada 23 Februari lalu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS