Sukses

Harga Minyak Turun di Bawah USD 95 per Barel, Pertama Kali Sejak Invasi Rusia ke Ukraina

Harga minyak mentah telah turun sekitar seperlima sejak pertengahan Juni karena para pedagang bersiap untuk penurunan tajam dalam konsumsi. Disimak harga minyak hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah dunia telah jatuh di bawah USD 95 per barel untuk pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina. Turunnya harga minyak hari ini karena kekhawatiran resesi global yang akan datang mencengkeram pasar komoditas dan perkiraan permintaan.

Kedua tolok ukur utama harga minyak mentah dunia turun lebih dari USD 5 per barel, atau lebih dari 5 persen, menambah penurunan luas selama enam minggu terakhir.

Melansir laman Financial Times, harga minyak Brent, patokan internasional, turun ke level USD 94,50 per barel. Adapun sehari sebelum Rusia menginvasi Ukraina, posisi harga minyak sebesar USD 96,84 pada 23 Februari 2022.

Sementara harga minyak AS West Texas Intermediate turun menjadi USD 90,56, di bawah penutupannya di $92,10 sebelum perang.

"Ketakutan akan resesi adalah apa yang mendorong pasar hari ini," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior perdagangan di BOK Financial.

Invasi besar-besaran Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina menyebabkan harga minyak melonjak awal tahun ini, dengan Brent dan WTI secara singkat diperdagangkan di atas USD 130 karena negara-negara barat membalas dengan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, salah satu eksportir terbesar dunia.

Tapi kegelisahan resesi dan prospek Federal Reserve AS yang menghambat pertumbuhan dengan kenaikan suku bunga yang lebih agresif telah menghentikan reli.

Harga minyak mentah telah turun sekitar seperlima sejak pertengahan Juni karena para pedagang bersiap untuk penurunan tajam dalam konsumsi.

"Pasar sangat khawatir bahwa kehancuran permintaan resesi akan mengerem pertumbuhan," kata Robert Yawger, direktur eksekutif untuk energi berjangka di Mizuho.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Komoditas Satu-satunya yang Turun

 

Minyak bukan satu-satunya komoditas yang kehabisan tenaga dalam beberapa pekan terakhir. Banyak dari lonjakan harga yang telah membantu mendorong tingkat inflasi yang tinggi juga merosot. Tembaga dan besi keduanya turun sekitar sepertiga sejak puncak musim semi mereka.

"Mereka semua hancur," kata Stephen Schork, editor buletin pasar minyak The Schork Report. “Komoditas adalah indikator ekonomi terbaik Anda dan apa yang mereka indikasikan adalah rasa sakit di jalan untuk ekonomi ini.”

Kenaikan harga minyak telah menambah tekanan pada pemerintahan presiden AS Joe Biden, yang nomor jajak pendapatnya telah turun karena pengendara bersaing dengan harga yang mendekati rekor di SPBU.

Biden akan mengunjungi Riyadh pada hari Jumat untuk pertemuan pertamanya dengan putra mahkota Saudi Mohammed bin Salman, di mana ia akan bersandar pada kerajaan untuk memompa lebih banyak minyak untuk menarik harga lebih rendah.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Harga Kemarin

Harga minyak naik pada perdagangan Rabu, pulih dari aksi jual besar-besaran di hari sebelumnya, meskipun ada kenaikan dalam persediaan minyak AS dan setelah angka inflasi AS mendukung kasus kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) yang besar.

Dikutip dari CNBC, Kamis (14/7/2022), harga minyak mentah Brent ditutup naik 8 sen ke level USD 99,57 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 46 sen ke level USD 96,30 per barel.

Investor telah menjual minyak akhir-akhir ini di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga agresif untuk membendung inflasi akan memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menekan permintaan minyak.

Harga minyak turun lebih dari 7 persen pada perdagangan Selasa menjadi di bawah USD 100 untuk pertama kalinya sejak April.

Namun, pasar fisik tetap ketat. Tolok ukur utama, seperti minyak mentah Forties dan minyak mentah Midland AS, diperdagangkan dengan harga premium ke pasar berjangka, melukiskan gambaran yang berbeda dari apa yang terjadi di masa depan.

“Meskipun saya tidak mengesampingkan kejutan penurunan lainnya, saya yakin aksi jual baru-baru ini bisa menjadi sedikit berlebihan,” kata Jeffrey Halley dari broker OANDA.

Pekan ini, baik Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan Badan Energi Internasional, dalam laporan bulanan, memperingatkan bahwa permintaan melemah, terutama di ekonomi terbesar dunia.

Persediaan minyak AS naik lebih dari yang diharapkan dalam jeda ringan dari ketatnya pasar. Data pemerintah menunjukkan, stok minyak mentah komersial AS naik 3,3 juta barel, dibandingkan ekspektasi untuk penarikan moderat terhadap stok tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Permintaan BBM

Investor tetap khawatir akan melemahnya permintaan bahan bakar di seluruh dunia yang juga muncul di Amerika Serikat.

“Masalah permintaan mengejar harga tinggi. Dolar AS menyebabkan tekanan turun pada semua komoditas. Ada perubahan mentalitas selama beberapa minggu terakhir,” kata Tony Headrick, Analis Pasar Energi di CHS Hedging.

Harga konsumen AS meningkat menjadi 9,1 persen pada bulan Juni karena biaya bensin dan makanan tetap tinggi, memperkuat kasus bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin akhir bulan ini.

Harga minyak Brent turun tajam sejak mencapai USD 139 pada bulan Maret, yang mendekati level tertinggi sepanjang masa pada tahun 2008. Pembatasan COVID-19 di China telah membebani pasar minggu ini.

Penurunan minyak mentah berjangka belum tercermin di pasar minyak fisik yang kuat. Minyak mentah empat puluhan, salah satu nilai yang menopang Brent berjangka, ditawar pada rekor premium tertinggi dengan patokan plus USD 5,35 per barel pada hari Selasa.

Harga minyak mentah Midland AS berada di premium USD  1,50 per barel untuk WTI, juga mencerminkan pengetatan tetapi kelas itu di bawah premi yang dicapai pada akhir Februari setelah Ukraina diserang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.