Sukses

Harga Minyak Mentah Stabil, Kekhawatiran Covid di China Lawan Ketatnya Pasokan

Pasar miyak mentah diguncang di awal sesi oleh berita bahwa China telah menemukan kasus pertama dari subvarian Omicron yang sangat menular.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak hari ini hanya sedikit berubah. Pada perdagangan Senin, sentimen yang mempengaruhi harga minyak seimbang antara penurunan permintaan karena Covid-19 di China dengan ketatnya pasokan.

Mengutip CNBC, Selasa (12/7/2022), harga minyak mentah Brent berjangka naik 0,07 persen dan mengakhiri hari ini di USD 107,10 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 0,67 persen ke level USD 104,09 per barel.

The Federal Reserve AS atau bank sentral AS diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga. Open interest di bursa berjangka New York Mercantile Exchange (NYMEX) turun pada 7 Juli ke level terendah sejak Oktober 2015 karena investor mengurangi aset berisiko.

Pekan lalu, spekulan minyak memangkas posisi net long futures dan opsi mereka di NYMEX dan Intercontinental Exchanges ke level terendah sejak April 2020.

"Pasar minyak tarik menarik di dua arah dengan fundamental fisik yang sangat ketat terhadap kekhawatiran permintaan ke depan dan tanda-tanda kehancuran permintaan yang disebabkan oleh harga," kata analis di EBW Analytics dalam sebuah catatan.

Pasar miyak mentah diguncang di awal sesi oleh berita bahwa China telah menemukan kasus pertama dari subvarian Omicron yang sangat menular di Shanghai yang dapat menyebabkan putaran pengujian massal lainnya, yang akan mengurangi permintaan bahan bakar.

“Dampak gabungan dari kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan wabah COVID yang baru hampir tidak dapat datang pada waktu yang lebih buruk untuk pasar minyak,” kata Investec Risk Solutions dalam sebuah catatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Lain

Juga memberi tekanan pada minyak adalah kenaikan dolar AS terhadap sekeranjang mata uang lainnya ke level tertinggi sejak Oktober 2002. Dolar AS yang lebih kuat mengurangi permintaan minyak dengan membuat bahan bakar lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Para menteri keuangan zona euro mengatakan perang melawan inflasi adalah prioritas saat ini meskipun pertumbuhan di blok itu berkurang, karena mereka diberitahu tentang prospek ekonomi yang memburuk oleh Komisi Eropa.

Pelaku pasar juga masih gelisah tentang rencana negara-negara Barat untuk membatasi harga minyak Rusia, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa sanksi lebih lanjut dapat menyebabkan konsekuensi bencana di pasar energi global.

JP Morgan mengatakan pasar terjebak antara kekhawatiran atas potensi penghentian pasokan Rusia dan kemungkinan resesi.

“Risiko makro menjadi lebih berpihak. Pengurangan pembalasan 3 juta barel per hari dalam ekspor minyak Rusia adalah ancaman yang kredibel dan jika direalisasikan akan mendorong harga minyak mentah Brent menjadi sekitar USD 190 per barel per hari, ”kata bank dalam sebuah catatan.

"Di sisi lain, dampak dari pertumbuhan permintaan yang jauh lebih rendah di bawah skenario resesi akan membuat harga minyak mentah Brent rata-rata sekitar USD 90 barel per hari di bawah resesi ringan dan USD 78 barel per hari di bawah skenario penurunan yang lebih parah."

 

 

3 dari 3 halaman

Situasi Kazakhstan

Masih ada pertanyaan tentang berapa lama lebih banyak minyak mentah akan mengalir dari Kazakhstan melalui Konsorsium Pipa Kaspia (CPC).

Pasokan terus berlanjut sejauh ini di jalur pipa, yang membawa sekitar 1 persen minyak global, dengan pengadilan Rusia membatalkan keputusan sebelumnya yang menangguhkan operasi di sana.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, sementara itu, mengatakan bahwa kesepakatan sudah dekat dengan Moskow untuk membeli diesel yang jauh lebih murah dari Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.