Sukses

BERANI BERUBAH: Menyulap Lahan Tidur jadi Kebun Cabai

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi COVID-19 telah menumbangkan banyak usaha, namun itu bukan berarti semua yang terdampak hanya akan diam menerima keadaan. Bhabinkamtibmas Polsek Julok, Bripka Basri adalah salah satunya.

Dia ingin bisa mendorong masyarakat agar terus berusaha di tengah kesulitan, dan itu dilakukannya dengan turun langsung untuk membina warga setempat tentang cara berkebun. Semua dilakukan agar masyarakat bisa tetap produktif dan memiliki penghasilan lain.

“Setelah dinas sorenya menyempatkan diri ke kebun binaan,” ungkap Bripka Basri kepada Tim Berani Berubah.

“Jadi datang ke kebun binaan saya mengecek kondisi tanaman yang sekarang lihat kebun tanaman cabai,” lanjut dia.

Bripka Basri membina masyarakat mengenai cara yang tepat dalam menanam cabai. Hal ini mulai dari cara penyemprotan hingga pemupukan. Dia juga giat mengajak warga lainnya untuk ikut mulai berkebun. 

“Saya bina masyarakat yang saya bina jangan sampai cabainya rusak ataupun keriting,” jelas Bripka Basri.

“Saya ajarin cara penyemprotan, cara pemupukan, hasil inilah yang kita bawa tempat lain ataupun kita ajak petani lain,” sambungnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Lahan yang Kosong

Bripka Basri pun tak sendiri, sebab ada juga Kapolsek Julok Iptu Mustafa yang ikut aktif berkoordinasi dengan pihak perangkat desa untuk memanfaatkan lahan kosong. Mereka mendorong warga setempat untuk memanfaatkannya dengan berkebun.

“Merespon dengan baik, dengan cara berkoordinasi dengan pihak perangkat desa dan melihat lahan yang kosong,” ujar Iptu Mustafa. 

“Mengajak masyarakat untuk menggunakan lahan kosong itu untuk melakukan menanam cabai dan cabai ini berpotensi bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.