Sukses

Harga Emas Hari Ini di Pasar Dunia Susut Dibayangi Kenaikan Suku Bunga dan Resesi

Harga emas hari ini di pasar global turun karena beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dunia kehilangan kemilaunya. Harga emas hari ini turun dibatasi prospek suku bunga yang lebih tinggi menantang daya tarik safe-haven sementara risiko resesi mendorongnya.

Melansir laman CNBC, Rabu (29/6/2022), harga emas di pasar Spot turun sedikit menjadi USD 1.819,94 per ounce. Emas berjangka AS turun 0,2 persen menjadi USD 1.821,3.

“Emas terjebak dalam kisaran dan akan terus berada dalam kisaran dalam waktu dekat. Pasar hanya akan menembus satu arah setelah mendapat lebih banyak data dan informasi ekonomi dari Federal Reserve," kata Ahli Strategi pasar senior RJO Futures Bob Haberkorn.

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi, kenaikan suku bunga meredupkan daya tarik emas dengan meningkatkan biaya peluang memegang aset yang tidak membayar bunga.

“Ini adalah pesta yang tertunda di pasar emas. Logam kuning ditarik ke dua arah karena rezim Fed yang hawkish berbenturan dengan kekhawatiran resesi, ”kata TD Securities dalam sebuah catatan.

Berbicara pada konferensi tahunan Bank Sentral Eropa di Portugal, Presiden Christine Lagarde mengatakan bank akan bergerak secara bertahap.

Namun ini dengan opsi untuk bertindak tegas pada setiap penurunan inflasi jangka menengah yang terjadi.

Rencananya Ketua Fed Jerome Powell juga akan memberikan pandangannya pada hari Rabu ini waktu setempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Logam Lainnya

Emas sebagian besar bertahan meskipun ada kenaikan dalam dolar, yang biasanya meredupkan daya tarik emas batangan untuk pembeli luar negeri. Imbal hasil Treasury AS 10-tahun juga naik.

"Emas tetap menjadi pasar pedagang - rentan terhadap jeda palsu dan perputaran cepat pada sedikit berita," kata analis pasar senior City Index Matt Simpson.

Sementara itu, kepemilikan di ETF emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, mencatat arus keluar selama lima sesi terakhir berturut-turut.

AS telah mengeluarkan babak baru sanksi terkait Rusia yang melarang impor emas Rusia, kata Departemen Keuangan di situsnya.

Adapun harga logam lainnya, perak urun 1,6 persen menjadi USD 20,81 per ounce. Sementara harga Platinum naik 0,2 persen menjadi USD 909,16 dan paladium turun 0,3 persen menjadi USD 1.875,64.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.