Sukses

Kronologi hingga Penyebab Kecelakaan di Tol Cipularang KM 92

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan lalu lintas terjadi di KM 92+000 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta pada hari Minggu, 26 Juni 2022. Kecelakaan Tol Cipularang KM 92 ini terjadi pada malam hari, tepatnya pukul 20.20 WIB. Dampak dari kecelakaan, sempat terjadi kepadatan menjelang lokasi kejadian.

Untuk mengurai kepadatan, atas diskresi Kepolisian mulai pukul 21.50 hingga 23.34 WIB dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional, yaitu kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur, untuk kemudian dapat masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur.

Berikut adalah sederet fakta tentang kecelakaan di tol Cipularang KM 92 yang dirangkum Liputan6.com, Selasa (27/6/2022) : 

Rem bus blong diduga jadi penyebab kecelakaan di Tol Cipularang

Pihak kepolisian menduga kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, disebabkan oleh bus yang mengalami rem blong. 

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur, mengatakan pada Senin (27/6/2022) bahwa kecelakaan beruntun terjadi saat Bus Laju Prima nopol B 7602 XA melaju dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong, sehingga menabrak kendaran di depannya. Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus karena memang saat kejadian situasi lalu lintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," ujar AKP Denny dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga, Senin (27/6/2022).

Tiga orang luka berat dan 16 orang luka ringan akibat kecelakaan di Tol Cipularang KM 92

Akibat kecelakaan di Tol Cipularang KM 92, tiga orang mengalami luka berat dan 16 orang luka ringan. Korban kecelakaan langsung dibawa ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta.

Pihak Jasa Marga menyebutkan bahwa pada Senin dini hari, lokasi kejadian telah bersih dan lalu lintas kembali normal.

Sejumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan dibawa ke pool derek Gerbang Tol Jatiluhur.

2 dari 3 halaman

Kronologi Kecelakaan di Tol Cipularang KM 92

Kecelakaan beruntun di KM 92+000 Tol Cipularang arah Jakarta melibatkan 17 kendaraan. Kecelakaan itu terjadi pada Minggu (26/6), sekitar pukul 20.20 WIB.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur mengatakan, kejadian itu berawal saat Bus Laju Prima dengan nomor polisi B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong, sehingga menabrak kendaran di depannya," kata Denny dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Atas kejadian itu, kecelakaan beruntun atau melibatkan banyaknya kendaraan tak terhindarkan. Hal ini lantaran saat itu, situasinya sedang padat kendaraan.

"Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus, karena memang saat kejadian situasi lalu lintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," jelasnya.

Tiga orang mengalami luka berat dan 16 orang luka ringan dalam kecelakaan itu. Korban pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta.

Selain itu, Denny menyebut, pada pukul 01.17 WIB di lokasi tersebut telah bersih dan lalu lintas kembali normal. Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan itu telah dibawa ke Pool Derek Jatiluhur.

 Imbauan dari Jasa Marga usai kecelakaan di Tol Cipularang

Pihak Kepolisian dan Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. "Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama," tegas AKP Denny.

Selain itu AKP Denny juga mengimbau pengguna jalan harus memastikan pengemudi dalam keadaan prima dan beristirahat di rest area jika lelah atau mengantuk.

Jasa Marga pun menyampaikan rasa prihatin atas kejadian kecelakaan tersebut.

3 dari 3 halaman

Kesaksian Korban

Belasan kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6) malam.

Hal tersebut diketahui melalui video yang beredar dan viral di media sosial dengan memperlihatkan sejumlah kendaraan sudah dalam posisi tak beraturan dengan badan mobil yang hancur di ruas tol tersebut.

Dalam video yang dilansir dari dari Antara, Senin dini hari itu, terdengar sirine polisi dan tampak beberapa orang dengan wajah cukup tegang melihat situasi.

Dalam video itu seorang wanita menjelaskan situasi kecelakaan, di mana dia menyebut jika ada belasan kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun dan penyebabnya adalah bus yang mengalami rem blong.

"Alhamdulillah, aku, bapakku, suamiku dan adikku selamat. Kita berempat habis nengok anak dari Bandung, Alhamdulillah selamat. Ini tabrakan beruntun di KM 92 ada 15 mobil. Awalnya bis ini kayaknya remnya blong dan sekarang kayaknya sopirnya kabur. Nih kecelakaan di KM 92 arah Bandung menuju Jakarta," sebut wanita dalam video yang diduga korban kecelakaan, dengan nada panik.