Sukses

Pedagang Pasar ke Zulkifli Hasan: Welcome To The Jungle!

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menyambut baik Menteri Perdagangan yang baru yakni Zulkifli Hasan yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo siang ini

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menyambut baik Menteri Perdagangan yang baru yakni Zulkifli Hasan yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo siang ini, di Istana Negara, Jakarta.

"Menteri Perdagangan merupakan menteri yang cukup rumit karena menghadapi persoalan akhir akhir ini menjelang Idul Adha,” kata Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansur kepada Liputan6.com, Rabu (15/6/2022).

Menurut IKAPPI, permasalahan-permasalahan yang akhir-akhir ini muncul memang tidak bisa diselesaikan secara langsung. Tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri, terutama dalam hal ini memperkuat program untuk keberhasilan pangan nasional.

“IKAPPI belum bisa banyak berkomentar terhadap Mendag yang baru tetapi kami  ingin menyambut welcome to the jungle kepada pak menteri, belantara hutan ini harus diperbaiki, dirapikan,” ujar Abdullah.

Para pedagang pasar pun berharap, Mendag yang baru bisa lebih berpihak kepada pedagang pasar tradisional, serta berpihak kepada UMKM dan perkuat perdagangan dalam negeri.

Tak hanya Mendag saja yang diganti, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi. Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Baru Pengganti Muhammad Lutfi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Zulkifli Hasan untuk menduduki jabatan Menteri Perdagangan pada reshuffle kabinet yang dilakukan pada Rabu 15 Juni 2022. Posisi Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulkifli Hasan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Ia juga pernah menduduki posisi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk periode 2014–2019.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/6/2022), pria lulusan SMA 53 Jakarta ini juga pernah menduduki posisi Menteri Kehutanan pada periode 2009 - 2014. Saat itu ia ditunjuk oleh Presiden Indonesia Keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia dilantik bersama dengan 33 orang menteri lainnya dan 2 orang pejabat setingkat menteri di Ruang Credential, Istana Merdeka pada hari Kamis, 22 Oktober 2009.

Pada masa jabatannya sebagai Menteri kehutanan telah dua kali menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa), yaitu yang pertama untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University Seoul dan yang kedua untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang.

Zulkifli Hasan menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Selanjutnya, ia mengambil program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.Ia kemudian mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003. 

3 dari 3 halaman

Karir Politik

Zulkifli Hasan mencalonkan diri sebagai ketua umum PAN pada 19 Januari 2015 di Surabaya. Menanggapi pencalonan tersebut Ketua Majelis Pertimbangan Barisan Muda PAN Hanafi Rais mengatakan bahwa ada beberapa gagasan dari Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum PAN saat deklarasi di Surabaya yang patut diapresiasi.

Gagasan tersebut di antaranya adalah ingin lebih fokus pada kerja politik untuk membela kepentingan masyarakat yang diwakilinya, selain itu juga mengenai mengenai pengaderan partai yang harus kesinambungan bagi semua kader PAN.

Gagsan lain adalah perubahan sistem dalam penentuan pimpinan pengurus daerah dan calon kepala daerah, di mana jika sebelumnya Dewan Pimpinan Pusat PAN berperan penuh dalam menentukan pimpinan dewan daerah dan calon kepala daerah, Zukifli berniat untuk memberikan wewenang penuh kepada pengurus daerah untuk memutuskan.

Gagasan terakhir, yaitu mengenai peningkatan kinerja pelayanan kepala daerah yang ia harapkan dapat menjadi lebih mudah ditemui dan diajak berkomunikasi, baik langsung ataupun tidak langsung oleh kader-kader dari daerah.

Pada 1 Maret 2015, Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015–2020, menggantikan Hatta Rajasa. Ia terpilih di Kongres PAN yang diadakan di Bali, melalui pemungutan suara dan memperoleh 292 suara, sedangkan lawannya, Hatta Rajasa hanya mendapat 286 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.