Sukses

Reshuffle Kabinet, KSPSI Dukung Keputusan Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet hari ini Rabu (15/6/2022) siang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet hari ini Rabu (15/6/2022) siang. Jumlah menteri yang akan diganti masih simpang siur hingga saat ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea ikut bersuara. Ia memprediksi Jokowi akan mengganti 5 menteri.

"Sejauh ini saya hanya mendengar ada 5 posisi menteri yang diganti atau pun rotasi ke posisi lain di Kabinet," kata dia dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).

Andi Gani yang dikenal sangat dekat dengan Presiden Jokowi menegaskan, apapun keputusan yang diambil merupakan hak prerogatif presiden.

"Beliau pasti tahu kapasitas masing-masing calon menteri. Saya yakin Presiden Jokowi telah mengambil keputusan terbaik dan tentu kami harus mendukung keputusan tersebut," katanya.

Presiden Jokowi dikabarkan akan mengumumkan perombakan kabinet pada Rabu (15/6/2022) siang ini. Sinyal tersebut muncul karena sejumlah tokoh dan menteri telah dipanggil ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Jokowi sejak kemarin.

Sahabat Dekat

Andi Gani memang dikenal sebagai sahabat dekat Presiden Jokowi. Ia merupakan salah satu sahabat Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012, Pilpres 2014, dan Pilpres 2019.

Sebelumnya, Andi Gani juga sempat ditawari masuk ke dalam Kabinet di 2019. Namun, Andi Gani lebih memilih tetap bertahan sebagai presiden buruh dan Presiden Komisaris PTPP sampai dengan saat ini.

Karena, Andi Gani mengaku lebih nyaman tetap di luar Kabinet dan tetap bisa memberikan masukan kepada Presiden Jokowi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet, Wapres Ma'ruf: Itu Urusannya Presiden

Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin angkat bicara soal kabar reshuffle kabinet yang akan digelar di istana negara hari ini, Rabu (15/6/2022).

Ma’ruf menyebut, pernyataan resmi terkait kabar reshuffle akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan, perombakan kabinet adalah wewenang dari Jokowi. "Itu tunggu saja Presiden itu, itu urusannya Presiden nanti," kata Ma’ruf Amin dalam rekaman suara saat kunjungan di Pangkal Pinang, Rabu (15/6/2022).

Ma'ruf menyatakan kepastian adanya reshuffle akan dijelaskan hanya oleh Jokowi. "Saya kira apa akan ada atau tidak nanti Presiden yang akan menjelaskan itu, kan belum ada," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle pada Rabu, (15/6/2022) sekitar pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan membernarkan hal tersebut.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi WIB.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Lutfi.

Zulhas sendiri telah tiba di Istana siang ini (15/6/2022). Selain itu, PAN juga sudah membenarkan bahwa sang ketua umum masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju.

3 dari 3 halaman

Lantik 3 Wamen

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Zulhas tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pukul 11.53 WIB. Dia mengenakan jas hitam, kemaja putih, dan peci bewarna hitam.

Zulhas enggan berbicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media. Dia langsung masuk ke dalam Istana dan melambaikan saat turun dari dalam mobil.

"Setelahnya ya," ucap Zulhas.

Selain Zulhas, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor juga telah tiba di Istana. Dia mengaku ditunjuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

"Wamenaker," kata Afriansyah.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.
    Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.

    Reshuffle kabinet Jokowi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KSPSI adalah singkatan dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia.

    KSPSI