Sukses

Platform Ini Bantu Bank Daerah Go Digital

Dengan platform marketplace e-procurement dan digitalisasi pembayaran bank daerah, maka tujuan pemerintah untuk mencapai pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah yang transparan dan akuntabel dapat terwujud.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya untuk mewujudkan pengadaan pemerintah yang transparan dan akuntabel, Mbizmarket bekerja sama dengan bank daerah.

Mbizmarket telah bekerja sama dengan bank daerah dalam pemanfaatan teknologi payment gateway, sebagai alat pembayaran suatu transaksi dalam layanan aplikasi e-commerce, yang fungsinya untuk mengotorisasi berbagai proses pembayaran, baik perbankan, kartu kredit, transfer bank, maupun secara langsung dari pembeli/konsumen ke penjual.

Dengan pemanfaatan teknologi ini, kebutuhan pelaporan yang komprehensif atas pengadaan barang/jasa dan transaksi keuangan terkait hal tersebut dapat mudah terpenuhi. 

Mbizmarket telah berkolaborasi dengan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB), sebagai bank daerah pertama yang terhubung dengan operator payment gateway yang ditunjuk oleh Mbizmarket.  

Kini Mbizmarket sedang mengakselerasi kerja sama dengan bank daerah di beberapa provinsi lain, yakni Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, serta Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara).

Mereka diharapkan segera dapat mengadopsi dan terhubung dengan teknologi payment gateway yang digunakan oleh Mbizmarket, seperti yang telah dilakukan Bank BJB. 

“Dengan semakin tingginya transaksi pengadaan barang/ jasa pemerintah saat ini, kami mengajak bank-bank daerah lain untuk go digital, berpartisipasi menjadi mitra pembayaran dalam e-procurement pemerintahan," ungkap CEO Mbiz Rizal Paramarta dalam keterangan persnya, Senin (30/5/2022). 

"Dengan implementasi teknologi; platform marketplace e-procurement dan digitalisasi pembayaran bank daerah, maka tujuan pemerintah untuk mencapai pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah yang transparan dan akuntabel segera dapat terwujud. Hal ini sejalan dengan program pemerintah; digitalisasi ekonomi, akselarasi transformasi ekonomi menuju era digital untuk mempercepat pemulihan ekonomi," jelas dia.

Selama Januari, pertengahan Mei 2022 telah terjadi 505 pembayaran dengan total nilai Rp 3,1 miliar yang dilakukan menggunakan virtual account bank BJB yang terhubung dengan payment gateway. 

“Kolaborasi ini merupakan sebuah inovasi transformasi digital antara bank BJB dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung proses pengadaan barang/ jasa yang lebih efektif efisien transparansi dan akuntabel. Selanjutnya inovasi ini dapat diimplementasikan untuk pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat” ungkap Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bank BJB Isa Anwari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Unggulan

Fitur dan Nilai Tambah Sementara itu, Mbizmarket mempunyai sejumlah fitur unggulan dan nilai tambah yang menjawab tantangan untuk pengadaan pemerintah dalam menyederhanakan dan mendigitalisasi manajemen pengadaan barang/jasa tanpa adanya biaya tambahan bagi pembeli.   

Mbizmarket membantu pejabat biro pengadaan barang/jasa dalam pemberian laporan komprehensif terkait transaksi, kunjungan, serta data statistik penjual dan pembeli.

Mbizmarket juga memfasilitasi pendanaan bagi UMKM dengan cepat dan mudah melalui Mitra Pendanaan. Selain itu, Mbizmarket sudah terkoneksi serta berperan dalam memajukan bank lokal dan berkolaborasi dengan layanan gerbang pembayaran. 

“Platform Mbizmarket merupakan platform e-marketplace pertama yang melaksanakan digitalisasi pengadaan langsung di Indonesia, dibangun dengan proses bisnis sesuai dengan peraturan pengelolaan keuangan daerah yang berlaku," 

"Di samping itu,  selain memberdayakan dan mendukung UMKM, juga memberdayakan Bank Daerah sebagai media pembayaran secara digital dalam pelaksanaannya. Digitalisasi pembayaran tersebut memudahkan proses pelaporan dan pembayaran sehingga tercipta akuntabilitas dan transparansi belanja dan pembayaran” ujar Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa PemProv Jawa Barat Nining Yuliastiani.

 

3 dari 3 halaman

Mitra Resmi LKPP

Mbizmarket  yang merupakan mitra resmi Bela Pengadaan, bagian dari kanal Toko Daring yang dikelola oleh  Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Hingga April 2022, telah memberikan kontribusi tertinggi dibanding belasan mitra Bela Pengadaan lainnya, dengan pembukuan transaksi sebesar Rp 132,9 miliar.

Pencapaian tersebut menjadikan Mbizmarket sebagai platform e-commerce dengan kontribusi terbesar pada pengadaan pemerintah daerah yang dilakukan melalui program Bela Pengadaan.  

Kerja sama strategis antara Mbizmarket dan bank-bank daerah di seluruh Indonesia diharapkan  dapat bermanfaat dan mempermudah pembeli dari kalangan pemerintah dan juga para pelaku usaha yang berperan sebagai penjual. 

Hal itu juga termasuk bagi para pemasok atau vendor yang terdiri atas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia dalam bertransaksi dan memperoleh pembayaran untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.