Sukses

Real Madrid Juara Liga Champions, Jadi Klub Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid  juara Liga Champions 2021-2022. Los Blancos mengalahkan Liverpool 1-0 pada pertandingan final di Stadion Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Real Madrid dicetak Vinicius Junior pada babak kedua. Ini menjadi trofi Liga Champions ke-14 untuk raksasa Spanyol tersebut.

Real Madrid menjadi klub terkaya di dunia saat ini, dikutip dari Forbes, Minggu (29/5/2022), kekayaan Real Madrid bernilai USD 5,1 miliar atau setara Rp 73,95 triliun (USD 1 = kurs Rp 14.500). Kekayaan tersebut naik 7 persen lebih tinggi dari tahun lalu, artinya Real Madrid telah merebut kembali posisinya sebagai tim sepak bola paling berharga di dunia.

Sementara posisi kedua diduduki oleh pesaingnya di Liga Spanyol, yakni Barcelona dengan nilai USD 5 miliar. Posisi ketiga ada Manchester United dengan nilai USD 4,6 miliar.

Lalu posisi keempat ada Liverpool nilai kekayaannya USD 4,4 miliar. Selanjutnya ada Bayern Munchen di urutan kelima, dengan nilai USD 4,2 miliar.

Diposisi berikutnya secara berurutan ada Manchester City dengan nilai USD 4,2 miliar, Paris Saint Germain USD 3,2 miliar, Chelsea USD 3,1 miliar, Juventus USD 2,4 miliar dan Tottenham Hotspur dengan nilai USD 2,3 miliar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cetak Rekor

Sebelumnya, Forbes menjelaskan, dengan meraih rekor gelar liga domestik ke-35 pada 2021-2022, Real Madrid akan menghasilkan pendapatan terbanyak di La Liga dan dengan lolos ke final Liga Champions kedelapan (yang akan dimainkan Sabtu ini melawan Liverpool) Real Madrid akan mendapatkan lebih dari USD100 juta.

Selain itu, diumumkan minggu lalu bahwa Real Madrid, yang saat ini sedang menjalani renovasi stadion senilai USD 850 juta, memperoleh USD 379 juta sebagai bagian dari perjanjian dengan Sixth Street and Legends di mana Sixth Street “memperoleh hak untuk berpartisipasi dalam operasi bisnis tertentu dari stadion Santiago Bernabéu yang baru untuk jangka waktu dua puluh tahun.

Untuk membayar stadion barunya, Real Madrid meminjam tambahan USD 236 juta dari JP Morgan dan Bank of America pada bulan November, sehingga total pinjaman dari bank menjadi USD 842 juta.

Real Madrid yang terakhir menempati posisi teratas pada tahun 2019 (Forbes tidak mengkompilasi nilai tim sepak bola pada tahun 2020) kini telah menjadi tim sepak bola paling berharga enam dari 18 peringkat Forbes.

 

3 dari 3 halaman

Barcelona dan MU

Sedangkan, Barcelona bergerak lebih agresif di depan stadion, menghabiskan USD 1,6 miliar untuk membangun stadion sepak bola terbesar di Eropa.

 Untuk membayar bantuan untuk itu, mereka menandatangani kontrak multi-tahun USD 458 juta kaos dan sponsor stadion dengan Spotify, dan dilaporkan hampir mendekati kesepakatan USD 960 juta dengan Goldman Sachs dan All Sport Finance, dengan imbalan 30 persen saham dari pendapatan siaran Barcelona dan sebagian dari pendapatan masa depan dari kompleks stadion baru tim.

Sehingga total nilai kekayaan Barcelona sebanyak USD 5 miliar, 6 persen lebih tinggi dari setahun yang lalu, Barcelona adalah tim sepak bola paling berharga kedua dan diikat dengan NFL's New England Patriots sebagai tim ketujuh yang paling berharga dalam olahraga apa pun.

Membulatkan tiga besar adalah Manchester United, naik 10 persen menjadi USD 4,6 miliar. MU sejauh ini memiliki pendukung terbanyak dari tim Inggris mana pun dan dengan pendapatan operasional USD 128 juta selama 2020-2021, adalah tim paling menguntungkan kedua dalam daftar Forbes.