Sukses

Harga Emas Antam Hari Ini 24 Mei 2022 Naik Rp 3.000 per Gram, Cek Rinciannya

Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau harga emas Antam pada Selasa (24/5/2022) naik Rp 3.000 per gram.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas hari ini di Antam bergerak naik Rp 3.000 per gram. Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau harga emas Antam pada Selasa (24/5/2022) ini dibanderol Rp 987 ribu per gram. Sedangkan pada perdagangan Senin kemarin di angka Rp 984 ribu per gram.

Sedangkan harga emas Antam buyback juga bergerak naik Rp 3.000 menjadi Rp 874 ribu per gram. Harga buyback ini merupakan patokan bila Anda menjual emas maka Antam akan membelinya di harga Rp 873 ribu per gram.

Ini merupakan patokan harga emas Antam di Butik Emas LM Pulogadung, Jakarta.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen.

Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut rincian harga emas Antam berbagai ukuran pada Selasa, 24 Mei 2022, hingga pukul 08.03 WIB:

* Pecahan 0,5 gram Rp 543.500

* Pecahan 1 gram Rp 987.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.914.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.846.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.710.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.365.000

* Pecahan 25 gram Rp 23.287.000

* Pecahan 50 gram Rp 46.495.000

* Pecahan 100 gram Rp 92.912.000

* Pecahan 250 gram Rp 232.015.000

* Pecahan 500 gram Rp 463.820.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 927.600.000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Emas Dunia

Harga emas melonjak pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta) karena pelemahan dolar AS. Namun memang, kenaikan harga emas tidak terlalu tinggi karena dibatasi kenaikan imbal hasi surat utang AS.

Mengutip CNBC, Selasa (24/5/2022), harga emas di pasar Spot naik 0,36 persen menjadi USD 1.852,4 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,52 persen menjadi USD 1.851,7 per ounce.

"Kita masih belum mengetahui apakah harga emas telah melewati badai dalam jangka menengah, atau hanya reli kecil menanggapi kemunduran berkelanjutan dolar AS," kata analis senior OANDA Jeffrey Halley.

Indeks dolar AS memulai pekan inidengan lesu, menyusul kerugian mingguan pertama dalam hampir dua bulan yang dicetak pada pekan kemarin. Hal ini terjadi karena investor sudah menghentikan atau tidak ingin terlalu banyak bertaruh pada dolar AS.

Selain itu, investor juga berharap pelonggaran penguncian di China dapat membantu pertumbuhan global.

Dolar AS yang lebih lemah membuat emas batangan lebih menarik bagi pembeli luar negeri.

"Sebelum berbalik bullish secara struktural, saya perlu melihat emas mempertahankan kenaikannya baru-baru ini dalam menghadapi penguatan dolar AS, dan bukan pelemahan dolar AS," kata Halley.

Di luar itu, patokan imbal hasil surat utang AS berjangka waktu 10 tahun menguat setelah penurunan beruntun tiga sesi, membatasi permintaan untuk emas.

Presiden Bank Sentral AS St. Louis James Bullard menegaskan kembali pandangannya minggu lalu bahwa bank sentral AS harus menaikkan suku bunga menjadi 3,5 persen tahun ini untuk mengendalikan inflasi tinggi lebih cepat.

Emas, dilihat sebagai instrumen lindung nilai yang aman selama masa krisis ekonomi, cenderung menjadi kurang menarik bagi investor ketika suku bunga AS dinaikkan. Hal ini karena emas tidak menghasilkan bunga.

3 dari 5 halaman

Prediksi Harga Emas Dunia Pekan Ini

Harga emas ditutup dengan melonjak pada pekan lalu. Kenaikan harga emas ditopang permintaan akan safe-haven di tengah kekhawatiran atas inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Harga emas berjangka Comex Juni terakhir diperdagangkan pada USD 1.841,40, naik 1,8 persen pada minggu lalu.

Memasuki minggu ini, aksi jual tajam di ruang ekuitas mungkin belum berakhir karena S&P 500 sekarang 20 persen dibawah tertinggi sepanjang masa pada Januari.

"Selama beberapa minggu terakhir, kami melihat pasar saham menjual dan emas mengikutinya. Tapi kemudian kami mendapatkan puncak jangka pendek dalam imbal hasil Treasury, yang membuka pintu bagi emas untuk berperilaku sebagai tempat yang aman," kata senior OANDA analis pasar Edward Moya, dikutip dari Kitco.com, Minggu (21/5/2022).

Menurut Moya, pasar saham A.S. masih dalam risiko. Kita bisa melihat satu penurunan besar terakhir, dan mungkin safe-haven emas diuji sekali lagi. Pasar khawatir apakah inflasi dan pertumbuhan dapat bereaksi cukup cepat terhadap kenaikan suku bunga Fed, kata kepala ekonom CIBC World Markets Avery Shenfeld.

Jika bukan itu masalahnya, The Fed akan dipaksa untuk meningkatkan jadwal pengetatan yang sudah agresif, catat Shenfeld. Itulah pukulan satu-dua yang sekarang dicemaskan oleh pasar ekuitas: tingkat yang lebih tinggi yang menurunkan kelipatan ekuitas, ditambah dengan resesi yang menghancurkan pendapatan.

“Jika, sebaliknya, dosis obat The Fed yang lebih kecil, dan penolakan konsumen terhadap harga yang lebih tinggi, membawa pendinginan sebelumnya, risiko resesi akan berkurang secara signifikan," katanya.

4 dari 5 halaman

Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga

Ekspektasi kenaikan suku bunga yang lebih curam kembali meningkat, memperingatkan ahli strategi DailyFX Michael Boutros.

"Pasar harus menilai ulang prospek suku bunga Fed. Ada keraguan bahwa 50bps pada tingkat inflasi ini akan cukup. Jika kenaikan 75bps Fed disesuaikan lagi, itu akan menjadi angin sakal untuk emas. Emas terjebak sideways saat kita menunggu cerita itu akan muncul," kata Boutros kepada Kitco News.

Gagasan bahwa Fed membuat kesalahan kebijakan dengan bertindak terlalu lambat menjadi lebih umum, tambahnya. Kata Boutros, mereka perlu istirahat dan mempercepat kenaikan suku bunga lebih cepat. Pada titik ini, mereka sudah terlambat.

Inilah sebabnya mengapa emas berada di posisi yang sulit dan dapat berisiko mengalami aksi jual lebih lanjut di bawah level USD 1.800 per ounce, terutama jika ada penutupan di bawah level USD 1.791.

"Dengan apa yang kami lihat di pasar ekuitas, Anda akan mengharapkan emas untuk menangkap tawaran beli. Kami melakukannya minggu ini, tetapi reli tidak mengesankan. Dari sudut pandang teknis, kami berisiko menguji posisi terendah. Level USD 1.781 atau lebih dalam masih ada di atas meja," kata Boutros.

Artinya, investor harus bersiap untuk aksi harga sideways sampai emas dapat bergerak di atas level USD 1.895 per ons. 

5 dari 5 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Namun, Moya lebih optimis melihat lebih jauh, dengan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi tetap menjadi salah satu cerita utama untuk sisa tahun ini.

Narasi ini seharusnya membebani indeks dolar AS, yang baru-baru ini diperdagangkan mendekati level tertinggi 20 tahun dan membatasi kenaikan emas.

"Kami telah melihat data ekonomi yang lebih lemah di AS minggu ini. Bahkan klaim pengangguran naik. Semua ekspektasi adalah data memburuk. Seharusnya ada beberapa kemunduran untuk dollar. Ini seharusnya menjadi berita baik untuk emas. Kita akan melihat emas bertahan di USD 1.800 hingga minggu depan. Tapi lebih banyak pergerakan turun di ekuitas bisa mematahkan itu,” kata Moya.

Moya melihat The Fed melambat setelah kondisi keuangan cukup ketat dan spread kredit melebar, dan ini seharusnya tidak terlalu jauh di masa depan.

"Itu mulai terjadi. Jika pasar saham turun 5 persen lebih rendah lagi, volatilitas akan melonjak lebih tinggi, dan pasar kredit akan memaksa Fed ke dalam sikap yang kurang hawkish dari kenaikan 25 basis poin. Dan itu tidak terlalu jauh. Seharusnya menjadi kabar baik untuk emas," kata Moya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini