Sukses

Erick Thohir Tantang Warga Main Catur, Siapa Menang?

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diskakmat warga saat bermain catur bersama. Ia terlihat cukup menikmati permainannya.

Erick dikenal sebagai sosok yang ramah, beberapa kali terlihat Ia berinteraksi dengan warga. Kali ini, ia sempatkan bermain catur.

Melalui video unggahannya di Instagram @erickthohir, Ia memperlihatkan keseruan permainan tersebut. Mulanya, Ia diajak berfoto oleh sejunlah warga.

Namun, ternyata Ia kemudian memilih duduk berhadapan dengan seorang lelaki parubaya dengan catur yang telah disusun diantara keduanya.

Erick memilih catur berwarna hitam. Artinya, lawannya akan jalan lebih dulu. Permainan cukup menarik hingga masing-masing dari keduanya bisa memakan pion musuh.

Beberapa waktu berjalan, Erick terlihat menggerakkan tubuhnya. Seakan menunjukkan kalau Ia percaya diri akan langkah yang diambilnya.

Sayang, dua langkah mematikan dari lawannya mengharuskan Erick kalah karena sudah di posisi skak mati (skakmat).

Pria yang tak diketahui namanya itu mengaku senang bisa bermain dengan pucuk pimpinan Kementerian BUMN. Apalagi, permainan dilakukan di sebuah warung kopi yang juga merakyat.

"Senang sekali ya, karena bisa bermain dengan pak Erick Thohir," katanya.

Ia juga mengaku tak menyangka Menteri BUMN bisa bercengkerama di tengah-tengah masyarakat.

"Dan juga tak menyangka pak Erick Thohir mau mampi bersama dengan masyarakat," kata dia.

 

2 dari 4 halaman

Minta Tolong Juara Dunia

Melengkapi unggahannya, Erick memberikan sebuah keterangan. Tak disangka, ia turut mention mantan juara dunia dan Woman Grand Master asal Indonesia Irene Sukandar.

Dalam keterangan itu, ia meminta bantuan untuk diajari permainan catur kepada Irene.

"Ternyata hari ini belum beruntung, mungkin boleh diajarin dulu sama @irene_sukandar," tulis Erick.

Tak berselang lama, ternyata Irene juga menanggapi komentar Erick itu.

"Siap pak, tunggu saya pulang dari sea games," balas Irene.

 

3 dari 4 halaman

Kecintaan Erick Thohir ke Dunia Seni

Kecintaan Menteri BUMN Erick Thohir terhadap dunia seni, disambut baik kelompok relawan, Sobat Erick. Lewat aksi sosial, mereka terjun langsung ke Kalimantan Timur untuk memberi bantuan kepada Sanggar Seni Entero Penajam.

Ketua DPW Kalimantan Timur Sobat Erick, Sri Rohani mengatakan, aksi ini diberikan agar kelestarian seni tari tradisional setempat bisa terus hidup di tengah badai pandemi.

"Dukungan kami untuk menjaga dan melestarikan seni budaya yang merupakan warisan peninggalan nenek moyang kita yang ada di seluruh Provinsi Indonesia tidak terkecuali di Kalimantan Timur," kata Sri dalam keterangan diterima, Minggu (22/5/2022).

Sri menjelaskan, bantuan berupa dana tunai diberikan kepada sanggar tersebut. Ia berharap, dana itu dapat dimanfaatkan untuk terus membumikan seni tari tradisional di Kalimantan Timur, khususnya Tari Ronggeng Paser. Bantuan diterima para pengurus sanggar di Nipah-Nipah Penajam, Kalimantan Timur.

"Tari Ronggeng Paser itu adalah tari tradisional asli dari Suku Paser. Tarian ini adalah identitas masyarakat Kabupaten Paser yang harus terus dijaga hingga sampai sekarang ini. Untuk itu, Sobat Erick mendukung kesenian budaya seperti ini agar terus terjaga agar tidak punah." tutur Sri.

Erick Thohir diketahui kerap hilir mudik mendukung kegiatan terkait seni. Teranyar, Erick sempat hadir dalam gelaran seni Reog Ponorogo di Jawa Timur.

Erick berkomitmen, untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah agar bisa memfasilitasi seni menjadi destinasi wisata yang diakui dunia.

 

4 dari 4 halaman

Reog Ponorogo

"Kalau memang silaturahmi hari ini kita tingkatkan, bagaimana kita bersama-sama, berkolaborasi bahwa Pak Bupati (Sugiri Sancoko) sebagai pimpinan, dan tokoh masyarakat yang hadir, kami dari Kementerian BUMN mendukung bagaimana Reog ini menjadi diakui dunia dan ini miliknya Ponorogo," ujar Erick dalam Pegelaran Seni Reog Ponorogo dan Dialog Budaya di Monumen Bantarangin, Kab. Ponorogo, Sabtu 5 Februari 2022.

Erick menegaskan, dirinya ingin melestarikan dunia seni dan menunjukkan kepada dunia, betapa Indonesia kaya dengan beragam kebudayaan yang dimiliki.

"Indonesia ini memang luar biasa. Indonesia mempunyai keragaman daripada kebudayaannya. Tidak hanya makanan, tapi juga tarian, baju daerah dan semuanya yang luar biasa," tegas Erick.

ARTJOG 2021, festival, pameran seni, serta pasar rupa kontemporer sebelumnya dilaksanakan di Jogja National Museum dari 8 Juli-31 Agustus 2021. Dalam kunjungannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada para seniman, dan tentunya Mas Heri (penyelenggara ARTJOG) yang melakukan inovasi bahwa Yogyakarta bisa menjadi pusat seni," ujar Erick seperti melansir akun instagram pribadinya, @erickthohir, Kamis (2/9/2021).