Sukses

Citilink Tambah 3 Rute Baru dari Bandara Kualanamu Medan

Liputan6.com, Jakarta - Citilink menambah tiga penerbangan domestik dari Bandara Kualanamu Medan. Tiga rute baru tersebut adalah Medan - Banda Aceh, Medan - Gunungsitoli, dan Medan - Sibolga.

Citilink meyalani penerbangan pulang-pergi untuk ketiga rute tersebut. Rute Medan - Banda Aceh dan Medan - Gunungsitoli beroperasi perdana pada 20 Mei 2022. Sementara, untik rute Medan - Sibolga akan dimulai pada 23 Mei 2022 mendatang.

“Penerbangan ini merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk mengembangkan Medan sebagai hub Citilink untuk memperkuat konektivitas penerbangan di Barat Indonesia,” kata Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi, Jumat (20/5/2022).

Terlebih wilayah Medan memiliki letak geografis yang strategis berdekatan dengan pusat perekonomian Asia seperti Kuala Lumpur dan Singapura. Serta merupakan pintu gerbang wilayah Barat Indonesia sehingga diharapkan akan semakin menarik minat masyarakat untuk menerbangi rute ini.

Dewa menjelaskan dengan adanya rute ini akan meningkatkan aksesibilitas transportasi intra Sumatera khususnya transportasi udara. Sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan efisien.

Penerbangan rute Medan – Banda Aceh pp. dan Medan – Gunungsitoli pp. akan beroperasi setiap hari, sedangkan rute Medan – Sibolga pp. akan beroperasi setiap hari Senin dan Rabu dengan menggunakan pesawat ATR 72-600.

Dewa menyebut Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya. Baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Langkah ini untuk memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan serta layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Penerbangan

Rinciannya, rute Medan (Kualanamu) – Gunungsitoli dengan nomor penerbangan QG 1910 diestimasikan berangkat pukul 07.00 WIB dan tiba 08:15 WIB.

Sementara, Gunungsitoli – Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1911 diestimasikan berangkat pukul 08.40 WIB dan tiba pukul 09:55 WIB.

Medan (Kualanamu) – Sibolga dengan nomor penerbangan QG 1922 diestimasikan berangkat pukul 10.20 WIB dan tiba pukul 11:25 WIB.

Rute Sibolga – Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1923 diestimasikan berangkat pukul 11.50 WIB dan tiba pukul 13:05 WIB.

Medan (Kualanamu) – Gunungsitoli dengan nomor penerbangan QG 1912 diestimasikan berangkat pukul 10:20 WIB dan tiba pukul 11:35 WIB.

Gunungsitoli – Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1913 diestimasikan berangkat pukul 12:00 WIB dan tiba 13:15 WIB.

Medan (Kualanamu) – Banda Aceh dengan nomor penerbangan QG 1946 diestimasikan berangkat pukul 13:40 WIB dan tiba pukul 15:15 WIB.

Banda Aceh – Medan (Kualanamu) dengan nomor penerbangan QG 1947 diestimasikan berangkat pukul 15:40 WIB dan tiba 17:15 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Tambah Penerbangan Surabaya - Sumenep

Sebelumnya Maskapai penerbangan Citilink menambah rute penerbangan di dua daerah, yaitu Surabaya-Sumenep PP dan Balikpapan-Tarakan PP.

Penerbangan perdana keduanya dilakukan pada Jumat 29 April 2022. Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai menyebut ini jadi peningkatan konektivitas.

"Penerbangan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi khususnya transportasi udara sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan waktu yang lebih singkat dan efisien," katanya mengutip keterangan resmi, Jumat (29/4/2022).

Dewa menambahkan momen pembukaan rute ini bertepatan dengan peak season Lebaran 2022. Ini diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing.

Penerbangan rute Surabaya -- Sumenep pp. akan beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu. Sedangkan rute Balikpapan -- Tarakan pp. akan beroperasi setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Keduanya akan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600.

"Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik secara aman dan sehat," papar Dewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.