Sukses

Jangan Tunggu Puncak Arus Mudik, Warga Diminta Segera Pulang Kampung

Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat segera melakukan mudik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat segera melakukan mudik. Ia meminta masyarakat tak menunggu puncak arus mudik.

Tujuannya, guna menghindari kepadatan arus karena tingginya mobilitas masyarakat. Salah satunya para pemudik yang menggunakan kapal laut.

Ia juga mengimbau masyarakat memilih waktu di siang hari untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik dan di waktu malam hari. Seperti yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

Ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat melakukan inspeksi ke Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

“Kami mengimbau kepada masyarkat untuk memanfaatkan tiga hari ini (26,27 dan 28 April 2022) untuk menyeberang. Jangan menunggu puncak mudiknya, agar tidak terjadi kepadatan,” jelas Menko Muhadjir dalam keterangan resmi, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi menjelaskan, masalah yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak adalah kepadatan yang sering terjadi di malam hari, sementara di siang hari tidak terlalu padat.

Untuk itu, Menhub meminta dilakukan upaya agar persebaran pergerakan penumpang mudik Lebaran 2022 lebih merata ke siang hari.

“Saya rekomendasikan ada disparitas harga tiket penyeberangan di siang hari dengan malam hari. Yang siang hari dibuat lebih murah sehingga diharapkan pergerakan lebih merata,” ujar Menhub.

Selain itu, Menhub mengatakan, untuk memperlancar pergerakan kapal, dilakukan penambahan dua dermaga milik Pelindo.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Satgas

Sementara itu Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim satgas untuk mengamankan jalur di wilayah Lampung, dari kemungkinan terjadinya aksi begal.

“Kita ingin memberikan rasa aman dan selamat kepada para pemudik yang melakukan perjalanan melewati rute ini,” jelasnya.

Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi salah satu dari dua titik yang diprediksi akan terjadi kepadatan dan menjadi perhatian khusus untuk ditangani, selain jalur Bekasi-Semarang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Dirut PT. ASDP Ferry Indonesia Ira Puspademi.

 

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Lepas Pemudik Motor Gratis

Menteri BUMN Erick Thohir melepas keberangkatan pemudik motor gratis dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Total ada 1.109 penumpang, dengan 470 orang diantaranya peserta mudik motor gratis.

Rincian lainnya, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya. Kapal laut itu diberangkatkan pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Diketahui, Erick menyapa sejumlah penumpang lebih dulu. Kemudian, ia melepas keberangkatannya secara simbolis dengan membacakan pantun.

Pada masa periode lebaran tahun ini kapal KM Dobonsolo diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya.

"Saya merasakan kebahagiaan para pemudik siang tadi di atas KM Dobonsolo," katanya melalui akun Instagram @erickthohir, Selasa (26/4/2022).

"Dua tahun tak dapat bertemu keluarga, Insya Allah Idul Fitri tahun ini dapat melepas rindu," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Pesan Erick Thohir

Ia juga berpesan kepada para penumpang untuk menjag protokol kesehatan. Harapannya bisa menjaga keamanan dan kesehatan selama perjalanan mudik.

"Pesan saya, selalu jaga protokol kesehatan agar mudik dapat berjalan aman dan nyaman," kata dia.

Ia juga menitipkan kenyamanan para penumpang kepada kru KM Dobonsolo yang bertugas.

"Untuk seluruh kru KM Dobonsolo yang tetap bertugas selama masa Lebaran ini, saya titip para pemudik, layani dengan sepenuh hati. Hati-hati di jalan," tutur Erick.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.