Sukses

PPKM Diperpanjang, Pemerintah Buka 4 Bandara untuk Turis Asing

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tingkat pemulihan ekonomi Indonesia semakin baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tingkat pemulihan ekonomi Indonesia semakin baik. Maka, akses penerbangan internasional perlu diperluas kembali.

Ia menyebut ini jadi salah satu sektor yang perlu didorong guna meningkatkan nilai index pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan memperluas akses internasional itu, Luhut juga menyebut akan memperpanjang relaksasi visa.

"Pemerintah akan melakukan langkah-langkah antara lain membuka bandara internasional diantaranya Yogyakarta, Medan, Makassar, Pekanbaru. Dan selain itu kebijakan visa akan terus si relaksasi mendekati aturan sebelum pandemi," katanya dalam konferensi pers Evaluasi PPKM Senin (4/4/2022).

Ia menyebut, berdasarkan data global normalization index yang dikeluarkan majalah The Economist, Indonesia saat ini berada di angka 68 dari 100 sebagai kondisi normal.

"Salah satu yang masih harus perbaiki adalah kapasitas penerbangan internasional yang masih jauh dari normal,"kata Luhut Binsar Pandjaitan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Luar Negeri

Lebih lanjut, Luhur menyebut akan memberikan pelonggaram lagi bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Tujuannya untuk mendorong tingkat kunjungan ke tanah air.

"Aturan tes PPLN masuk Indonesia juga akan kita relaksasi hingga jumlah penerbangan yang masuk tidak menyebabkan penumpukan di bandara," paparnya.

"Untuk detail mengenai ini akan dituangkam dalam SE Satgas yang akan segera dikeluarkan," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.