Sukses

Raih Posisi 4 Dunia, Indonesia Keluar dari Jebakan Kelas Menengah di 2034

Pemerintah RI tengah berupaya agar Indonesia bisa terlepas dari jebakan negara kelas menengah atau middle income trap.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah RI tengah berupaya agar Indonesia bisa terlepas dari jebakan negara kelas menengah atau middle income trap. Untuk mencapai itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamamad Lutfi mengatakan, pemerintah perlu menyusun peta jalan pertumbuhan ekonomi ke depan.

Mengutip pidato kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019, Mendag menyebut Indonesia akan mencapai nomor 4 negara ekonomi terbesar dunia di 2045.

Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia berdasarkan kenaikan produk domestik bruto (PDB) harus mencapai 6,4 persen per tahun.

"Artinya di 2045 kita akan punya GDP per kapita sekitar USD 29 ribu per kapita. Kita akan menjadi nomor 4 dunia, dan akan keluar dari jebakan kelas menengah pada tahun 2034," ujar Mendag Lutfi, Jumat (11/3/2022).

Melihat catatan ke belakang, Mendag Lutfi menilai Indonesia sebenarnya sudah bersiap untuk keluar dari middle income trap sejak beberapa tahun lalu.

"Kalau kita bicara tahun 2015 dulu, kita nomor 16. Hari ini sudah nomor 15 GDP-nya secara total. Dan pada 2030 kita semustinya sudah mencapai USD triliun, atau hampir tripple GDP kita hari ini. Kita hari ini USD 1,1 triliun," paparnya.

"Begitu kita sampai USD 2,8 triliun, GDP per kapita kita sudah mencapai USD 10.000, bahkan 11 ribu. Ketika kita tahun 2045 atau 100 tahun setelah Indonesia merdeka, GDP per kapita kita bisa USD 9,3 triliun, atau setara 4 besar ekonomi dunia," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Target Mudah

Namun, itu bukan target yang mudah. Studi OECD mengatakan, tidak ada satu negara pun di dunia sejak 1969 yang bisa menjadi negara high income atau keluar dari middle income trap, jika populasi tuanya lebih banyak daripada yang muda.

"Indonesia diprediksi akan habis demografic bonusnya pada 2038-2050. Jadi itu adalah deadline terakhir agar Indonesia bisa jadi negara maju," sebut Mendag Lutfi seraya mewanti-wanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.