Sukses

BERANI BERUBAH: Mantan Biduan Bahagia Jadi Petani

Novi Listiani memutuskan untuk berhenti dari profesinya sebagai penyanyi dangdut dan beralih menjadi petani.

Liputan6.com, Jakarta- Novi Listiana dulunya adalah seorang penyanyi dangdut. Setelah lulus SMA pada tahun 2015, dia langsung meniti kariernya dari panggung ke panggung. Pakaian seksi dan riasan wajah yang menor menjadi kesehariannya.

Namun pada tahun 2018, Novi akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang petani. Alasannya, karena dia melihat profesi petani sebagai sesuatu yang mulia.

“Dan sekarang saya itu beralih menjadi petani, pakaian kotor-kotoran, kerjaannya ya rekoso (sulit), dan saya senang,” ungkap Novi kepada Tim Berani Berubah.

“Saya itu belajar bertani dari suami saya, diajarin. Terus cara menanamnya itu kayak gini. Terus merawat tanaman seperti ngobat, ngobat tanaman itu, kayak gini,” lanjutnya.

Sang suami dengan sabar mengajarkan Novi bagaimana cara bercocok tanam yang baik. Dari situ, kecintaan Novi terhadap bertani semakin tumbuh. Setiap pagi, dia pergi ke ladang untuk merawat sayurnya.

Bermacam jenis sayur pun ditanamnya. Ada daun bawang, kentang, brokoli, dan juga bawang merah yang kisaran harganya mulai dari Rp5.000 hingga Rp12.000 per kilo. Menurut Novi, pendapatannya sebagai petani sudah bisa mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

“Ya alhamdulillah semenjak saya menjadi petani, alhamdulillah mencukupi dengan kebutuhan sehari-hari. Sementara kalau dulu itu, saya sebagai penyanyi dangdut, malah enggak cukup,” ujar Novi.

“Soalnya sedikit. Kalau jadi petani itu kan alhamdulillah. Tiap hari itu panen, jadinya sedikit-sedikit disyukuri gitu,” sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buang Gengsi Jauh-Jauh

Novi mengaku dirinya tidak malu sama sekali dengan profesinya saat ini. Sebab, hidupnya malah menjadi semakin nyaman sejak dia memutuskan berhenti menjadi penanyi dangdut.

“Saya menjadi petani tidak gengsi. Malah saya tuh senang. Karena jadi petani tuh, malah kehidupannya tuh jadi nyaman,” tutur Novi.

“Menjadi petani itu enak banget. Soalnya sudah tahu hasilnya. Terus ketelatenannya itu menghasilkan juga gitu,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.