Sukses

Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 Km Rampung, Bakal Lanjut ke Likupang

Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer telah rampung dibangun dan segera dioperasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer telah rampung dibangun dan segera dioperasikan. Seksi terakhir ruas tol di Sulawesi Utara yaitu tol Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat sore ini.

“Jalan tol Manado-Bitung seksi Danowudu- Bitung sepanjang 13,5 km telah rampung dan telah selesai. Dengan demikian seluruh jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulawesi Utara,” tutur Jokowi dalam acara peresmian Jalan tol Manado-Bitung seksi Danowudu- Bitung, Jumat (25/2/2022).

Rampungnya ruas tol ini akan memperpendek waktu tempuh dari Manado ke Bitung dengan cukup sekitar 30 menit. Sebelumnya, untuk menempuh perjalanan itu dibutuhkan waktu hingga 2 jam.

“Tadi Pak Gubernur sampaikan, jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 – 2 jam, tadi saya meniti 35 menit tapi enggak ngebut. Kalau ngebut bisa 30 menit sampai,” katanya.

Artinya, kedepannya, arus logistik dan mobilitas masyarakat akan lebih cepat dan lebih mudah dengan memanfaatkan ruas tol yang baru rampung ini.

Jokowi menyebut dengan demikian, kegiatan pengiriman logistik maupun mobilitas masyarakat dengan adanya jalan tol ini akan semakin dipermudah. Bahkan, ia menyebut ini kemudian akan diarahkan menuju Likupang.

“Dan jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik mobilitas barang orang dari Manado-Bitung dari Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung, dan juga nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai semuanya,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rampung

Sebelumnya, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah merampungkan pembangunan tahap akhir dari jalan Tol Manado Bitung, yakni Seksi 2B ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 km.

Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 km ini, maka Jalan Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya. Adapun tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 km yang sudah lebih dulu dioperasikan pada tahun 2020 lalu.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra menjelaskan, dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Sulawesi Utara.

"Dengan beroperasinya Seksi 2B ruas Danowudu-Bitung ini, maka Jalan Tol Manado-Bitung telah siap untuk dioperasikan secara menyeluruh. Progres konstruksi untuk seksi 2B sendiri telah mencapai 100 persen dan Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada awal Januari 2022. Juga telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR," jelasnya, Senin (21/2/2022).

"Ketersambungan secara penuh Jalan Tol Manado-Bitung ini kami harapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol dengan mengacu pada tingkat kelayakan jalan tol sesuai business plan pada PPJT," ujar Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.