Sukses

Miliarder NFT Ghozali Everyday Sudah Punya NPWP, Siap Bayar Pajak

Ghozali Everyday dipandu oleh Account Representative Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Timur Deni Rusmawati Agustin.

Liputan6.com, Jakarta - Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang lebih dikenal dengan nama Ghozali Everyday telah memiliki mor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Dengan adanya NPWP, miliarder NFT (non-fungible token) ini suap untuk membayar pajak.

Ghozali Everyday melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Timur  pada Senin 24 Januari 2022. Dalam kunjungan ini pria yang menjual 933 foto selfie dalam bentuk NFT ini menerima edukasi perpajakan termasuk juga mendapat NPWP.

Dikutip dari keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Selasa (25/1/2022), Ghozali dipandu oleh Account Representative Deni Rusmawati Agustin. Ghozali memperoleh penjelasan mengenai hak dan kewajiban perpajakan yang harus dilaksanakan setelah ia memiliki NPWP.

Sebelum meninggalkan KPP Pratama Semarang Timur, Ghozali mengajak seluruh wajib pajak untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi sebelum 31 Maret 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie Laku Rp 31 Juta

Pemuda asal Indonesia bernama Ghozali viral di media sosial. Ia menjual foto selfie dalam bentuk NFT (non-fungible token) di OpenSea.

Dari akun OpenSea miliknya dengan nama Ghozali Everyday, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya.

Ghozali memilih untuk menjual foto selfie dirinya selama lima tahun terakhir, dari 2017 hingga 2021, sebagai produk NFT.

"Saya mengambil foto diri saya sejak berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali di akunnya.

Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (13/1/2021), sekitar pukul 06.00 WIB, volume trade Ghozali Everyday sudah bernilai 277 Ethereum atau sekitar Rp 13,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak.

    NPWP

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Ghozali Everyday