Sukses

Jokowi Setujui Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Karya Nyoman Nuarta, Ini Penampakannya

Seniman Nyoman Nuarta menjadi tokoh dibalik desain Istana Presiden di Ibu Kota Negara Baru yang telah disetujui oleh Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Kota Negara baru menyita perhatian masyarakat, termasuk bentuk Istana kepresidenan yang akan ditempati oleh presiden kelak. Ternyata, desain final Istana kepresidenan di ibu kota baru sudah ditetapkan dan disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seniman Nyoman Nuarta menjadi tokoh dibalik desain Istana Presiden yang telah disetujui tersebut. ia jadi salah satu pemenang sayembara Istana Garuda Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

Di akun Instagram-nya, Nyoman menampilkan sejumlah potret desain istana yang dibuatnya. Total ada tiga gambar yang ia cantumkan. Masing-masing dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Desain ISTANA IKN, yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden,” tulis Nyoman di akunnya, dikutip Rabu (5/1/2022).

Diketahui, Nyoman diundang untuk memberikan presentasi mengenai desainnya itu di Istana Negara, Jakarta pada Senin (3/1/2022) lalu.

Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tgl 3 Januari, bersama Mensesneg, Men PUPR, dan Ibu Dirjen Karya Cipta,” katanya.

Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yg tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial,” imbuh Nyoman Nuarta.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deskripsi Gambar

Gambar yang dimuatnya pertama kali, memperlihatkan Istana Presiden dari sudut pandang keseluruhan. Nampak sayap garuda seperti benteng tinggi yang menjaga gedung-gedung di depannya.

Terlihat juga pepohonan rimbun di sekitar gedung yang digambarnya itu. Serta ditengah-tengah, terlihat gedung dengan lebih dari 20 tiang. Di paling depan, terlihat bendera merah putih berkibar di tiang yang kokoh.

Gambar kedua yang diunggah Nyoman, memperlihatkan sudut pandang burung atau bird eye. Terlihat gedung di tengah-tengah tadi memiliki dua kolam di dua sisi, di depan tiang-tiang yang berjejer.

Sementara, di sisi atas gedung yang sama ada sebuah ruang lapang dengan hiasan rumput hijau.

Mundur kebelakang, ada satu gedung yang terlihat nampak lebih tinggi dari gedung sebelumnya yang dibalut warna hijau rerumputan. Di belakangnya, terlihat megah ornamen layaknya buruh Garuda yang mengembangkan sayapnya.

Informasi, Nyoman Nuarta juga adalah seorang pematung asal Indonesia. Selain desain IKN baru ini, Nyoman terlibat dalam pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang telah dibangun sejak 1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.