Sukses

Heboh Fenomena Solstis di 21 Desember, Apa Itu?

Simak paparan LAPAN tentang Fenomena Solstis yang terjadi pada 21 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet tengah dihebohkan dengan fenomena Solstis yang disebut akan terjadi pada Selasa (21/12/2021). 

Apa sebenarnya fenomena Solstis itu?

Dikutip dari laman edukasi.sains.lapan.go.id, Selasa (21/12/2021), fenomena Solstis Desember atau Titik Balik Selatan Matahari, adalah fenomena ketika posisi matahari berada titik paling Selatan terhadap ekuator langit jika diamati oleh pengamat di permukaan Bumi.

LAPAN mengatakan, puncak solstis Desember tahun ini terjadi pada 21 Desember pukul 22.59.23 WIB.

Baik pengamat di belahan Bumi bagian Utara maupun Selatan, akan mendapati Matahari terbit dari arah Timur-Tenggara dan terbenam dari arah Barat-Barat Daya.

Sementara bagi daerah berlintang tinggi di bagian Selatan, akan mendapati Matahari terbit dari arah Selatan-Tenggara dan  terbenam dari arah Selatan-Barat Daya.

Jika diamati dari sembarang titik di luar angkasa, LAPAN menjelaskan, belahan bumi bagian selatan akan terlihat medekat ke matahari. Oleh karenanya, pengamat yang berada di Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn; 23,4 LS) akan melihat matahari tepat berada di atas kepala ketika tengah hari.

Menurut LAPAN, pengamat yang berada di belahan Bumi bagian Utara, akan merasakan malam yang lebih panjang dibanding hari-hari lainnya.

Bahkan, Matahari tidak pernah terbit di Kutub Utara ketika Solstis Desember. 

Sebaliknya, pengamat yang berada di belahan Bumi bagian Selatan, akan merasakan siang yang lebih panjang dibandingkan hari-hari lainnya.

Bahkan, matahari tidak pernah terbit di Kutub Selatan ketika Solstis Desember.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Postingan Soal Fenomena Solstis yang Hebohkan Warganet

Di platform media sosial Tiktok, sejumlah postingan menuai banyak respons warganet soal akan adanya fenomena Solstis di tanggal 21 Desember.

Dengan judul Fenomena Solstis Desember, sebuah akun menampilkan narasi sebagai berikut:

"21 Desember FENOMENA SOLSTIS DESEMBER Solstis Desember merupakan titik balik selatan matahari maksudnya adalah polisi ketika matahari berada paling selatan terhadap ekuator langit jika diamati oleh pengamat di permukaan bumi. Jadi, ada apa dengan 21 Desember 2021 yaitu pada hari tersebut akan menjadi hari terpanjang di tahun 2021 untuk belahan bumi selatan karena merupakan hari pertengahan musim panas," demikian video postingan pengguna Tiktok tersesebut.

Saat ini, postingan tersebut telah disukai oleh lebih dari 21.200 pengguna. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini