Sukses

BERANI BERUBAH: Kue Wortel Sumber Sukses Usaha Korban PHK

Liputan6.com, Jakarta- Semula sukses berkarier sebagai seorang pastry chef di berbagai hotel bintang 5 Indonesia dan negara Asia, Yuyun Mardoyo kini harus menerima kenyataan pahit saat dirinya terkena PHK akibat pandemi COVID-19. Apa boleh buat, usaha pariwisata memang jadi salah satu yang mengalami imbas terparah karena berbagai aturan jaga jarak.

Yuyun yang tadinya terbiasa beraktivitas padat menjadi tak tenang saat harus dirumahkan. Dia pun harus memutar otak, mencari cara bagaimana bisa mendapat penghasilan lagi. Tak lama, terbersit ide untuk memulai usaha sendiri, yakni dengan berjualan kue sehat dari bahan sayuran

“Pada bulan Oktober 2020, saya memutuskan untuk membuka usaha kue yang menyehatkan, yang terbuat dari bahan-bahan sayuran,” ujar dia kepada Tim Berani Berubah

“Usaha saya ini andalannya adalah carrot cake, yaitu kue yang terbuat dari wortel,” Yuyun melanjutkan. 

Yuyun menciptakan resep terinspirasi dari kebiasaan makan masyarakat Indonesia, terutama anak kecil yang kurang menggemari sayuran. Dia ingin masyarakat bisa mengonsumsi sayuran lebih sering dengan cara berbeda. 

Carrot cake atau kue wortel andalan Yuyun juga dibuatnya menggunakan resep gluten free, sehingga aman bagi mereka yang memiliki diet khusus. Selain itu, Yuyun mengaku bahwa usaha ini memiliki tantangan tersendiri. 

“Dibandingkan waktu dulu saya bekerja, kalau dulu saya bekerja, saya tidak perlu memikirkan marketing, saya tidak perlu memikirkan untuk membeli bahan,” ungkapnya. 

“Sekarang saya harus memikirkan gimana market yang ada di sekitar saya, kemudian saya harus melakukan belanja sendiri, saya harus melakukan pembukuan sendiri. Semuanya saya lakukan sendiri,” sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Keluar dari Zona Nyaman

Meski begitu, semua tantangan tersebut Yuyun hadapi dengan gigih. Dia tahu dirinya harus berani keluar dari zona nyaman demi bisa bertahan hidup di tengah kondisi pandemi.

“Kalau dulu saya berada di zona nyaman. Tapi kalau sekarang saya harus berani berubah untuk mendapatkan kembali penghasilan saya yang seperti dahulu,” ucap Yuyun.

“Semoga usaha saya ini bias menjadi berkah bagi saya, bagi keluarga saya, bagi orang-orang yang membutuhkan. Yang penting kita semangat, tidak berkecil hati, berkreasi, kerja keras, dan Berani Berubah!” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.