Sukses

PPSDM Geominerba Bekali K3LH Bagi Siswa SMKN 4 Bojonegoro

Liputan6.com, Jakarta - PPSDM Geominerba kembali berikan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa-siswa di sekolah menengah. Giliran SMK Negeri 4 Bojonegoro yang mendapatkan kesempatan untuk pelatihan singkat terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) pertambangan.

pelatihan  yang dijalankan ini sebagai upaya PPSDM Geominerba dalam mendukung program pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia yang unggul di bidang Geologi, Mineral, dan Batubara.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bojonegoro, Suyono pada Selasa 23 November 2021.

Pembekalan ini dilakukan karena penerapan K3LH sangatlah penting, utamanya bagi instansi pendidikan. Risiko kecelakaan dan ancaman kesehatan bisa dialami siapa saja, termasuk para siswa-siswi di sekolah menengah. Karena penerapan dan pemahaman K3LH terhadap siswa masih sangatlah kurang.

Fendra Nurpradana Putra salah satu Widyaiswara PPSDM Geominerba membekali sebanyak 142 orang siswa siswi di Aula SMKN 4 Bojonegoro, Jawa Timur. Materi yang diberikan antara lain Dasar Hukum K3 Pertambangan Minerba, Dasar Hukum Perlindungan Lingkungan Pertambangan Minerba, Alat Pelindung Diri, Teori Kebakaran, Identifikasi Bahaya dan Pengendalian Risiko.

Dilanjutkan dengan materi Pelaksanaan Inspeksi dan Upaya Perusahaan dalam Menerapkan Keselamatan Pertambangan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan singkat ini dapat memberikan pengetahuan dini kepada para siswa-siswi juga dapat mencegah terjadinya bahaya dan risiko terjadinya kecelakaan di sekolah serta potensi penyakit yang bisa timbul di sekolah serta dapat berguna kelak pada dunia pekerjaan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.