Sukses

Pedagang Kaki Lima Dukung Geliat Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Di kuartal III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi mengunjungi Pasar Poncol dan area UKM Monumen Nasional (Monas) untuk melihat geliat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19. Aktifitas perekenomian tradisional dianggap mampu merefleksikan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu kota.

Di Jakarta sendiri pemulihan ekonomi terus diupayakan. Di kuartal III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif, akibat dari dukungan sektor esensial, kritikal, dan industri yang berorientasi digital. Percepatan vaksin pun memiliki andil dalam pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021 secara Year over Year perekonomian tumbuh 3,51 persen dari sisi permintaan.

Selain itu pertumbuhan ini juga didorong oleh peningkatan konsumsi domestik pada pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) dan pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP).

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menyaksikan langsung aktifitas pasar tradisional yang kembali bergairah ketika berkunjung ke Pasar Poncol dan pedagang kaki lima di area UKM Monas. Ada beberapa perhatiannya dalam membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jakarta. 

“Untuk membangkitkan ekonomi beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol,” ungkap Irwandi dalam keterangan di Jakarta, Senin (15/11/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidupkan Ekonomi

Hal ini diapresiasi oleh Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan atau yang biasa disapa Eki Adhitya.

Dia menyatakan bahwa pihaknya akan membantu menghidupkan ekonomi khususnya melalui UMKM sebagai bagian kolaborasi dari HIPMI Jakarta Pusat dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat.

Selain memantau kondisi sarana dan prasarana, kunjungan Wakil Walikota Jakarta Pusat, beserta rombongan melihat pula kondisi perkembangan UMKM di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat.

Wakil Walikota Jakarta Pusat pun menyampaikan harapannya agar HIPMI Jakarta Pusat melalui Eki Adhitya dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat untuk menumbuhkan perekonomian melalui UMKM dengan pesat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.