Sukses

Tol Cinere-Jagorawi Tuntas 2022, JORR 2 Tersambung Penuh Tahun Depan

Jalan Cinere-Jagorawi merupakan salah satu ruas Tol JORR II ini sekaligus mendukung dan memperlancar lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memantau konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Limo-Kukusan yang memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road 2 (Tol JORR 2).

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi mengatakan, saat ini progres konstruksi Seksi 3  Limo-Kukusan yang dibangun sepanjang 5,5 km telah mencapai progres 9,43 persen.

Ditargetkan ruas tersebut akan beroperasi pada 2022 mendatang. "Diharapkan dapat rampung konstruksinya sesuai target waktu yang telah ditentukan," kata Koentjahjo dalam keterangan resmi BPJT, Sabtu (13/11/2021).

Jalan Tol Cinere-Jagorawi memiliki 3 seksi, yakni Seksi 1 Raya Bogor-Cimanggis sepanjang 3,8 km yang sudah beroperasi pada Februari 2012, Seksi 2 Kukusan-Raya Bogor dengan panjang 5,5 km yang sudah beroperasi pada September 2019. Kemudian Seksi 3  Limo-Kukusan sepanjang 5,5 km yang masih dalam tahap konstruksi. 

"Kehadiran Jalan Cinere-Jagorawi yang merupakan salah satu ruas Tol JORR II ini sekaligus mendukung dan memperlancar lalu lintas, memangkas waktu perjalanan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya," ujar Koentjahjo.

Apabila Jalan Tol Cinere-Jagorawi rampung konstruksinya, ia melanjutkan, maka  jaringan Jalan Tol JORR 2 akan selesai dan tersambung antara ruas satu dengan ruas lainnya. 

"Sehingga pergerakan arus barang dan jasa akan semakin lancar di wilayah Jabodetabek dan diharapkan pekerjaan konstruksi serta pengadaan lahan pada Seksi 3 dapat berjalan dengan baik," tutur dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Rp 3,2 Triliun

Adapun Jalan Tol Cinere-Jagorawi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Kita Jaya dengan masa konsesi 40 tahun. Jalan tol ini dibangun dengan total investasi sebesar Rp 3,2 Triliun. 

Ruas Tol ini akan menyambungkan sisi barat dan sisi timur dari JORR 2. Di sisi timur terdapat Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Cibitung-Cilincing, sisi Barat Cinere-Serpong dan Cengkareng-Kunciran. 

Sebagai informasi, Jalan Tol Cinere-Jagorawi merupakan bagian dari 6 ruas tol Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Selain itu, ada Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Jalan Tol Cimanggis -Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 km)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.