Sukses

BERANI BERUBAH: Rezeki Instan dari Jahe Merah

Ivan Septianto yang tadinya memiliki usaha kafe beralih menjual minuman jahe merah saat pandemi COVID-19 menghantam.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi COVID-19 menjadi pukulan berat bagi seluruh pengusaha di dunia. Tak terkecuali Ivan Septianto yang tadinya memiliki usaha kafe bertema Hello Kitty. Akibat aturan jaga jarak, tak lama kafenya terpaksa harus tutup meski baru beroperasi 5 bulan.

Namun, dia tak lantas berhenti berusaha. Demi menafkahi keluarga dan mempertahankan karyawan kafenya, Ivan memutar otak. Akhirnya, muncul ide untuk berjualan jahe merah sebagai minuman yang bisa menyehatkan tubuh.

“Saya nyari petani. Petani sampai kepesisir-pesisir saya cari di situ. Mau nyoba di petani harganya berapa sih.  Kok sampai melambung tinggi. Di pasar itu sampai Rp100.000,” ungkap Ivan kepada Tim Berani Berubah.

“Akhirnya saya dapat petani, saya jual lagi itu jahe. Dari petani saya dapat harga Rp36 ribu, Rp 40 ribu. Saya bisa jual Rp60 ribu,” sambung dia.

Ivan membeli jahe merah dari petani dan mengolahnya kembali. Dia pun berkali-kali berusaha mencari komposisi yang pas, hingga akhirnya menemukan racikan terbaik untuk dibuat menjadi minuman jahe instan.

Berkat usaha minuman jahe merahnya, kini Ivan bisa mempekerjakan kembali karyawan-karyawan yang pernah terkena PHK di perusahaan lain akibat pandemi COVID-19. Kini, dia memiliki kurang lebih 20 orang karyawan.

“Dulu karyawan kafe saya itu ada sekitar 5 sampai 6 orang ya, yang sekarang masih membantu kita di sini. Dan sekarang sudah nambah jadi jurang lebih jadi 20 karyawan,” tutur Ivan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadapi Segala Tantangan

Kesuksesan Ivan namun bukan tanpa tantangan. Dia harus berusaha keras dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Namun, berkat bantuan media sosial, dia bisa cepat menemukan pasarnya. 

“Satu-satunya hanya di lewat media sosial, kita jualan di media sosial,” ujar Ivan.

“Kita bakal berinovasi terus. Kita bakal terus  bikin variasi baru gitu, kayak jahe kopi, jahe susu, banyak macam-macamnya,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.