Sukses

Redam Krisis Listrik, China Keruk Batu Bara Lebih Banyak

Pemerintah China memerintahkan tambang batu bara negara itu untuk meningkatkan produksi - dalam upaya meredakan krisis listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah China telah memerintahkan tambang batu bara negara itu untuk meningkatkan produksi dalam upaya meredakan krisis listrik yang sedang berlangsung.

Permintaan peningkatan produksi itu disampaikan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), seperti dikutip dari CNN, Kamis (21/10/2021).

Diketahui bahwa China telah melihat kekurangan energi listrik di banyak provinsi. Masalah itu membuat pemerintah terpaksa menjatah listrik selama jam sibuk dan beberapa pabrik untuk menangguhkan produksi.

Kekurangan energi listrik di China juga membebani pertumbuhan ekonomi negara itu karena output industri turun.

Beijing mendorong tambang batu bara untuk mengurangi produksi awal tahun ini karena negara itu mengejar target ambisius untuk mengurangi emisi karbon.

Tetapi permintaan telah melonjak untuk proyek-proyek yang membutuhkan bahan bakar fosil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, China mulai memesan tambang batu bara untuk meningkatkan produksi, dengan pihak berwenang di Mongolia Dalam, provinsi penghasil batu bara terbesar kedua di negara itu, memesan lusinan tambang untuk meningkatkan produksi awal bulan ini.

Sekarang, NDRC menuntut agar tambang nasional meningkatkan produksi batu bara sebanyak yang mereka bisa menuju kuartal terakhir tahun 2021. 

Persediaan batubara terus meningkat sejak akhir September 2021, kata komisi tersebut.

Provinsi-provinsi timur laut China, di mana kekurangan listrik terparah mengakibatkan penjatahan listrik, kini telah menimbun cukup batu bara untuk mendukung penggunaan listrik selama 24 hari — peningkatan 11 hari dibandingkan dengan awal Oktober 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China Naikkan Harga Listrik Hingga 20 Persen

Pemerintah China telah mengambil langkah lain untuk meredakan krisis energi di negara tersebut.

China telah meningkatkan harga listrik sebesar 20 persen di antara provinsi-provinsi dengan permintaan yang lebih tinggi, untuk menutup kesenjangan harga antara batu bara dan listrik.

Pembangkit listrik di China sempat enggan menggenjot produksi karena mahalnya harga batu bara. Dan karena Beijing mengendalikan biaya listrik, produsen tidak bisa begitu saja menaikkan harga mereka tanpa izin dari pemerintah.

Otoritas China juga bergantung pada bentuk energi lain untuk meringankan masalah tersebut. NDRC meminta perusahaan yang menghasilkan listrik menggunakan energi nuklir, serta turbin surya, hidro dan angin untuk mencegah pemadaman di daerah perumahan.

Krisis listrik di negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu terus menimbulkan ancaman pada rantai pasokan global. Pemasok untuk perusahaan besar AS seperti Apple (AAPL) telah mengurangi tingkat produksi mereka untuk bekerja sama dengan pembatasan listrik yang diberlakukan oleh pemerintah setempat di China.

Masalah energi tidak hanya terjadi di China. Di India, otoritas negara itu telah memperingatkan bahwa daerah-daerah utama dapat menghadapi "krisis listrik" karena naiknya biaya listrik. Biaya gas alam juga meroket di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.