Sukses

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 20 Segera Ikut Pelatihan Pertama, Batasnya 14 Oktober 2021

Ikuti pelatihan pertama di program Kartu Prakerja sebelum melewati batas yang telah ditentukan

Liputan6.com, Jakarta Penerimaan peserta Kartu Prakerja gelombang 20 sudah dilaksanakan sejak September lalu. Setelah resmi diterima, peserta Kartu Prakerja diimbau segera memanfaatkan pelatihan yang tersedia melalui insentif yang sudah diberikan.

Menurut Peraturan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tertulis bahwa setiap penerima Kartu Prakerja 2021 memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi.

Aturan tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta agar mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan usaha yang sedang dan ingin dijalankan. Batasan dari pembelian pelatihan pertama gelombang 20 adalah 14 Oktober 2021 pukul 23:59 WIB.

Pernyataan tersebut diberikan langsung melalui akun resmi Instagram di @prakerja.go.id yang sudah diunggah Senin (11/10/2021) kemarin. 

“14 Oktober 2021 batas akhir pembelian pelatihan pertama gelombang 20 agar kepesertaan tidak dicabut,” demikian yang tertulis dalam unggahan.

Sanksi pencabutan kepesertaan tersebut dalam program yang sudah disediakan akan membuat Anda tidak dapat mengikuti seleksi gelombang berikutnya dan tidak mendapatkan insentif. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengikuti pelatihan pertama terlebih dulu.

Beberapa rekomendasi dari @prakerja.go.id yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam memilih program pelatihan di Kartu Prakerja antara lain sebagai berikut.

  1. International Design School (UDS):  belajar desain grafis untuk media sosial, situs daring dan media menggunakan Adobe Photoshop.
  2. GAMELAB by Educa: belajar mengoperasikan CorelDraw untuk mengenal lebih dalam tentang desain grafis.
  3. Binus Center: belajar membuat logo dan brosur digital menggunakan platform desain Canva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelatihan Paling Diminati

Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memaparkan ada beberapa program yang ternyata paling diminati di kalangan peserta antara lain sebagai berikut.

  1. Penjualan dan pemasaran daring di Microsoft Office
  2. Bahasa Inggris
  3. Ternak lele
  4. Hidroponik
  5. International English Language Testing System (IELTS)

Program tersebut yang paling diminati hingga gelonbang ke-21. Total dari pendaftar yang berhasil masuk adalah 11,4 juta penerima yang terbagi dari rentang tahun 2020 hingga 2021 sekarang.

“Kami mendorong para penerima Prakerja untuk membeli pelatihan sebanyak mungkin sebelum 30 November 2021 (untuk gelombang ke-21). Ayo lengkapi skill kamu, dapatkan sertifikatnya,” jelas Denni.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.