Sukses

IKEA Kini Jual Lebih Banyak Produk UKM Indonesia

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng PT IKEA Indonesia untuk bekerjasama dalam mendukung promosi dan pemasaran produk UKM

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng PT IKEA Indonesia untuk bekerjasama dalam mendukung promosi dan pemasaran produk UKM sektor kerajinan, fashion, dan personal care melalui program Teras Indonesia.

Menteri Teten Masduki dalam acara Penandatanganan MoU Kemenkop UKM dengan IKEA Indonesia di Jakarta, Kamis (30/9/2021), mengatakan, kerjasama ini merupakan momentum untuk mendorong produk UKM naik kelas.

“Ini sekaligus mengangkat narasi produk UKM Indonesia dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan brand besar,” kata Teten.

Kata Teten, IKEA telah mengakomodasi berbagai produk dari 6 UKM untuk di promosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan. Seiring dengan menurunnya pandemi COVID-19, dan pembukaan pembatasan kegiatan masyarakat.

Dia berharap IKEA Indonesia dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk UKM dari sektor lain yang memiliki nilai tambah seperti kerajinan dan home décor.

“Kemarin, saya berkesempatan untuk mengunjungi sentra UKM furniture di Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, saya melihat bahwa produk UKM lokal memiliki kualitas yang baik. Produk-produk seperti kursi, meja, kabinet, pintu yang memanfaatkan bahan baku dari Jawa Tengah diekspor ke berbagai negara,” ujarnya.

Melalui kolaborasi dengan IKEA, Teten berharap ke depannya IKEA Indonesia dapat menyerap lebih banyak produk UKM binaan lainnya. Pendampingan, pelatihan, kurasi dan research and development dapat dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan produk sesuai minat pasar.

“Saya ingin mengajak perusahaan besar lain untuk terus bersinergi bersama pemerintah dalam upaya mendorong UKM masuk dalam rantai pasok nasional dan internasional sehingga UKM Bangkit, Indonesia Tangguh,” kata Teten.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teras Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan berbagai inisiatif. Inisiatif ini mulai dari menggelar sentra vaksinasi, mengumpulkan donasi, hingga menyediakan Teras Indonesia bagi UMKM untuk menjual produknya.

“Kami percaya melalui kegiatan ini, IKEA Jakarta Garden City dapat menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat sekitar,” kata Patrik.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Muhammad Anwar, mengekspresikan kegembiraannya akan hadirnya IKEA Jakarta Garden City.

“Kami senang melihat fakta bahwa IKEA memilih wilayah Jakarta Timur untuk membuka toko pertamanya di Ibu Kota. Kami percaya IKEA Jakarta Garden City dapat memberikan inspirasi dan solusi perabot rumah tangga bagi masyarakat Jakarta Timur dan sekitarnya,” kata Anwar.

Pihaknya turut mendukung serta memberikan apresiasi untuk upaya yang dilakukan IKEA dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Jakarta Timur dan sekitarnya. Ia juga berharap kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin dan menghasilkan kolaborasi bermanfaat lainnya di masa mendatang.

IKEA Jakarta Garden City juga telah menyatakan komitmennya untuk turut memberdayakan UMKM lokal dengan menyediakan area pameran secara gratis dalam program Teras Indonesia. IKEA Jakarta Garden City menyediakan total area seluas 1.000 meter persegi yang tersebar di beberapa lantai.

Saat ini, terdapat 16 UMKM yang menjual produk unggulannya di Teras Indonesia IKEA Jakarta Garden City. Ini merupakan jumlah UMKM terbanyak yang digandeng IKEA dibandingkan toko IKEA lainnya.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg, mengatakan, sejak kehadiran IKEA pertama di Indonesia pada tahun 2014, ia berharap brand asal negaranya itu dapat membawa berbagai peluang baru.

“Dan juga semakin memperkuat hubungan Indonesia dengan Swedia yang sudah terjalin dengan sangat baik selama ini,” pungkas Marina Berg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.