Sukses

Terapkan 9 Strategi ala Public Relation agar Bisnis Sukses

Strategi yang tepat dari public relation bisa membawa bisnis menuju kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta Strategi yang tepat dari Public Relation (PR) bisa membawa bisnis menuju kesuksesan. PR harus memiliki pendekatan yang kreatif agar menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan secara menyeluruh.

Inti dari pekerjaan PR adalah menciptakan strategi yang membantu mempertahankan citra positif bisnis, serta menghubungkannya dengan target audiens yang tepat.

Setiap harinya, ribuan startup kecil dan perusahaan menengah melakukan kampanye PR yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Namun, penggunaan jasa PR juga membutuhkan biaya yang tak sedikit, terutama bagi bisnis yang masih berskala kecil.

Meskipun demikian, Anda bisa menerapkan sembilan strategi PR berikut secara mandiri sehingga bisa membantu untuk mengembangkan bisnis tanpa harus membayar jasa PR profesional, seperti yang dilansir dari Forbes, Sabtu (1/1/2022).

1. Kenali Audiens

Anda harus mengetahui dan memahami audiens yang beragam. Produk atau layanan yang diberikan bisa sangat baik. Namun, apabila audiens tidak mencarinya, maka produk atau layanan tidak akan berhasil.

Strategi dari PR yang bisa Anda lakukan adalah memprioritaskan pasar tertentu dan mengidentifikasi pesan yang paling sesuai untuk pasar tersebut. Semua konten yang dibuat harus mempertimbangkan audiens.

2. Tentukan Tujuan

Anda harus memiliki visi yang jelas terkait apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara untuk mencapainya. Hal ini akan membantu dalam menentukan siapa audiens yang perlu untuk dijangkau dan sarana yang tepat untuk membawa Anda menjangkau audiens tersebut.

3. Terorganisir

PR yang sukses bisa dicapai melalui serangkaian tugas yang terencana dan berkelanjutan. Anda bisa mulai untuk membuat daftar kontak media, pemimpin bisnis, pelanggan, hingga perusahaan yang memiliki kemungkinan untuk diajak berkolaborasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Lakukan Riset

Anda harus memiliki rencana yang matang untuk meraih kampanye PR yang sukses. Riset adalah bagian penting dari PR karena memungkinkan Anda untuk menjadi strategis.

Anda ingin jangkauan pesan yang diberikan sampai kepada audiens yang ditargetkan. Dampaknya audiens tersebut juga akan memedulikan informasi yang Anda bagikan terkait produk atau layanan yang tersedia.

5. Berpikir Seperti Seorang Jurnalis

Salah satu rencana kampanye PR yang efektif adalah siaran pers. Sebaiknya, pastikan yang menjadi bagian dari tim PR Anda adalah seorang penulis yang hebat.

Siaran pers yang menarik dan to the point bisa dibuat melalui beberapa kutipan yang insightful dan harus menyertakan detail kontak. Tujuannya untuk menarik perhatian media.

Semakin Anda berpikir seperti seorang jurnalis, semakin baik pula Anda membuat perkembangan dengan orang-orang yang tepat.

6. Berpikirlah Seperti Audiens

Selain berpikir seperti seorang jurnalis, Anda juga harus berpikir seperti audiens yang ingin dijangkau. Saat merencanakan sebuah kampanye PR, pikirkan dari sudut pandang audiens, bukan dari sudut pandang Anda sendiri.

3 dari 3 halaman

7. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Jurnalis

Meskipun penting untuk menjalin hubungan dengan jurnalis, Anda juga harus menjaga hubungan dengan baik. Bukan berarti hubungan dengan jurnalis memiliki jarak setelah berita terkait bisnis Anda sudah dipublikasikan.

Pastikan untuk mengucapkan terima kasih kepada jurnalis dan bagikan artikel tersebut melalui media sosial Anda.

8. Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik akan membantu untuk membangun citra diri dan bisnis Anda sebagai pemimpin di industri masing-masing. Konten tersebut juga harus mencakup unsur keingintahuan, relevansi, nilai, dan emosi.  

9. Memperbanyak Keterlibatan Secara Online

Anda bisa memanfaatkan kekuatan media sosial untuk terlibat dengan audiens sehingga memungkinkan Anda untuk berbagi informasi, membuat koneksi, menjaga hubungan, serta memublikasikan dan membagikan berbagai konten.

Selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan website pribadi. Anda bisa membuat blog dan menerbitkan konten secara teratur sehingga bisa menyampaikan pesan kepada audiens.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.