Sukses

Universitas Islam Internasional Indonesia Siap Digunakan November 2021

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok sudah rampung 100 persen dan masuk tahap penyelesaian akhir (finishing). Ditargetkan kampus tersebut sudah bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada November 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Universitas Islam Internasional Indonesia dirancang sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam Indonesia, yang punya penduduk muslim terbesar di dunia.

Sejak memulai konstruksi pada Juni 2018 lalu, pembangunan kampus UIII masuk tahap II yang dikerjakan oleh PT PP (Persero) senilai Rp 279,9 miliar.

Terdiri dari gedung perpustakaan pusat 8 lantai seluas 16.556 m2 dengan kapasitas pengunjung 1.000 orang, dan Masjid Kampus 2 lantai seluas 5.002 m2 dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah.

Dalam pembangunannya, Menteri Basuki menekankan pentingnya memperhatikan aspek-aspek protokol kesehatan dalam rancang bangun gedung. Diantaranya terkait sirkulasi udara, pengaturan kapasitas maksimal ruangan, dan kemudahan dalam membersihkan ruangan.

"Sesuai pesan yang telah disampaikan bahwa pandemi Covid-19 ini akan menjadi endemi, maka pembangunan gedung harus sudah memperhatikan aspek protokol kesehatan, salah satunya sirkulasi udara yang baik. Terlebih gedung perpustakaan tempat berkumpul orang banyak, minimal di pintu depan masuk, dan bagian belakang gedung ada sirkulasi udara yang baik, tolong disesuaikan saat penyelesaian akhir," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/9/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Tahap I

Tahap I pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia dikerjakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan biaya total untuk 3 paket pekerjaan sebesar Rp 670 miliar.

Selain tempat pembelajaran, UIII juga punya tambahan fasilitas apartemen bagi Mahasiswi Blok I seluas 12.615 m2 yang terdiri dari 8 lantai dengan jumlah kamar 268 unit kamar. Adapun alokasi anggaran untuk pembangunan apartemen tersebut senilai Rp 132,7 miliar yang dikerjakan PT Hutama Karya (Persero) dan saat ini telah rampung.

Kepala Aset dan Barang Milik Negara (BMN) UIII Syafrizal mengatakan, mulai 20 September 2021, Kampus UIIII akan menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk selanjutnya dilaksanakan perkuliahan secara daring terlebih dulu.

"Kuliah daring direncanakan mulai Oktober 2021 dan pada 30 November 2021 rencananya gedung rektorat sudah mulai operasi untuk kerja pegawai," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.