Sukses

Ingin Dikenal Sebagai Manajer yang Sukses? Ini 10 Tipsnya

10 Tips Menjadi Manajer yang Sukses.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi tugas seorang manajer untuk memastikan bahwa tim individu bekerja dengan kemampuan terbaiknya.

Namun untuk bisa mencapai itu, diperlukan keterampilan dan beberapa cara bisa berhasil mengatur bawahan.

Melansir dari laman magforwoman, Rabu (1/9/2021) begini tips-tips tentang cara menjadi seorang manajer yang unggul dan sukses:

1. Pelajari cara mendelegasikan dengan baik

Sebagai seorang manajer, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik untuk tugas tertentu. Untuk memahaminya, perhatikan potensi dan keterbatasan masing-masing anggota dalam tim.

Ini akan membutuhkan analisis yang cermat dan pengamatan yang tajam. Cara Anda mendelegasikan hal-hal tapapun itu harus membawa yang terbaik dalam diri orang tersebut dan harus membantu mendorong tim menuju kesuksesan.

2. Pimpin dengan memberi contoh

Setiap kali memberikan pidato atau menyarankan anggota tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu,pastikan bahwa Anda sendiri yang menjalankan pembicaraan terlebih dahulu.

Misalnya, Anda tidak dapat mengharapkan anggota tim tiba di kantor tepat waktu jika Anda sendiri selalu terlambat. Rekan tim akan lebih menghormati jika mereka melihat Anda mengikuti semua aturan atau cara-cara yang Anda sampaikan sendiri kepada mereka.

Hal ini akan sangat membantu dalam membangun hubungan yang sehat dengan karyawan.

3. Tahu bagaimana memotivasi tim

Sebagai seorang manajer, haruslah paham bagaimana menarik tim ketika ada tugas yang sulit di depan atau ketika tim menghadapi kemunduran.

Anda yang harus melangkah ke tugas dan mengangkat moral semua anggota tim dengan mengetahui apa yang akan membantu memotivasi mereka. Ini akan membutuhkan pemahaman mendalam tentang anggota tim dan kemampuan untuk melihat yang terbaik dari setiap anggota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Berikan umpan balik yang membangun

Seorang anggota tim mungkin mengecewakan Anda pada beberapa kesempatan. Alih-alih dengan jelas menunjukkan semua kesalahan dan kekurangannya, belajarlah bagaimana memberikan umpan balik secara konstruktif.

Ini tidak hanya akan membantu orang tersebut menyadari kesalahannya tetapi juga akan memotivasi orang tersebut untuk tidak mengulangi kesalahannya. Itu juga akan membantu menjaga moral tim tetap tinggi.

5. Tahu bagaimana menjaga tim tetap bersama

Ketika memiliki sejumlah orang yang bekerja di bawah Anda sebagai sebuah tim, pasti ada beberapa bentrokan ego atau masalah pribadi di antara mereka. Ini merupakan tanggung jawab seorang pemimpin untuk mencari tahu bagaimana menjaga tim bekerja sama dengan baik.

Anda harus memahami setiap individu dan bekerja sesuai dengan itu agar tidak ada konflik dalam tim. Tak perlu dikatakan, pastikan bahwa Anda tidak bias terhadap anggota tim tertentu dan memperlakukan mereka semua sama.

Ini akan sangat membantu dalam memastikan keberhasilan tim.

6. Bertanggung jawab atas kesalahan Anda

Hanya karena menjadi seorang manajernya, bukan berarti Anda sempurna. Akan ada saatnya Anda yang membuat kesalahan dalam penilaian atau mungkin mengambil keputusan yang salah.

Jangan menghindar dari kesalahan dan ambil tanggung jawab penuh untuk itu. Sikap ini akan mengalir ke bawah dan akan menginspirasi setiap anggota tim untuk mengikutinya. 

7. Tahu bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik

Sebagai seorang manajer, sangat penting untuk menyampaikan pesan dengan jelas. Anda harus jelas saat menetapkan tujuan dan sasaran dalam menangani seluruh tim atau individu tertentu.

Jangan lupa menggunakan bahasa tubuh pula untuk bekerja. Belajar bagaimana bersikap tegas tanpa kasar atau menyinggung.

Hargai seorang anggota tim jika Ia melakukan pekerjaan dengan baik dan tahu bagaimana memberikan umpan balik yang membatasi ketika seseorang terputus-putus. Pelajari saja kapan harus mengatakan dan bagaimana mengatakan hal-hal yang ingin Anda sampaikan.

3 dari 3 halaman

8. Tetap seimbang

Agar menjadi manajer yang sukses, sangat penting untuk tetap seimbang selama ini. Jangan biarkan kesuksesan sebuah proyek masuk ke kepala Anda dan jangan biarkan kemunduran masuk ke hati.

Hanya ketika seimbang sebagai individu, maka Anda akan dapat memberikan keadilan kepada tim dan memberi mereka jenis bimbingan yang mereka butuhkan.

9. Kesampingkan ego

Jika ingin menjadi manajer yang sukses, maka harus berusaha mengatasi ego. Berada dalam kekuasaan dapat merusak dan Anda harus sangat sadar akan perubahan yang telah dibawa oleh kekuasaan dalam diri.

Ingatlah selalu bahwa Anda tidak dilahirkan sebagai manajer dan tidak sempurna. Jika diri sendiri tidak memiliki masalah ego, maka anggota tim juga akan belajar dari Anda dan akan mencoba meniru.

10. Carilah umpan balik karyawan

Untuk terus meningkatkan diri sebagai manajer, Anda harus terbuka terhadap umpan balik dari karyawan. Terbuka untuk kritik dan saran.

Ini akan membantu dalam mendapatkan pemeriksaan realitas dan akan memberi ide-ide kreatif tentang bagaimana Anda bisa lebih efektif sebagai seorang manajer. Ini juga akan membuat anggota tim menyadari bahwa suara mereka didengar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini