Sukses

Manajemen Kartu Prakerja Pastikan Gelombang 18 Segera Dibuka, Kapan?

Rincian manfaat yang akan diterima peserta Kartu Prakerja adalah Rp 1 juta dana pelatihan, Rp 2,4 juta insentif pasca pelatihan, dan Rp 150 ribu insentif pengisian survei evaluasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 18 akan dibuka dalam waktu dekat. Hal ini dipastikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Denni mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan dari Komite Cipta Kerja.

"Yang pasti, kami menunggu kebijakan dari Komite Cipta Kerja karena kita harus tertib administrasi dan prosedur. Jadi sobat prakerja mohon sabar, Insya Allah dalam waktu dekat gelombang 18 akan dibuka," kata Denni dalam webinar Hasil Survei Program Kartu Prakerja: Peranan Program Kartu Prakerja di Masa Pandemi Covid-19 pada Jumat (13/8/2021).

Untuk semester II ini, kata Denni, pemerintah menargetkan bisa menjangkau 2,7 juta penerima. Jumlah yang sama dengan semester I 2021.

Ia mengungkapkan untuk semester II ini, layanan untuk para peserta Kartu Prakerja juga akan ditingkatkan.

"Tentu saja kami memberikan kesempatan untuk teman-teman, karena itu pelatihan-pelatihan di ekosistem prakerja kita tingkatkan lagi kualitasnya. Nanti teman-teman di semester II dapat langsung berinteraksi dan konsultasi dengan para instruktur," jelasnya.

Sebelumnya, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan pemerintah sejak awal sudah menentukan alokasi anggaran untuk para peserta Kartu Prakerja. Total nilai manfaat yang diterima peserta gelombang baru pun tidak berubah.

Rincian manfaat yang akan diterima peserta Kartu Prakerja adalah Rp 1 juta dana pelatihan, Rp 2,4 juta insentif pasca pelatihan, dan Rp 150 ribu insentif pengisian survei evaluasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insentif Kartu Prakerja Semester I 2021 Sudah Disalurkan Rp 6,5 Triliun

Jumlah penerima insentif Kartu Prakerja untuk semester I 2021 sebanyak 2,77 juta dengan nilai Rp 6,5 triliun. Hal tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dalam webinar Hasil Survei Program Kartu Prakerja: Peranan Program Kartu Prakerja di Masa Pandemi Covid-19 pada Jumat (13/8/2021).

Denni mengatakan bahwa dari 2,77 juta yang sudah direkrut, sebanyak 98 persen diantaranya telah menyelesaikan pelatihan. Jumlah pelatihan yang ada saat ini 1.491 jenis, dan disediakan oleh 181 lembaga pelatihan.

Sepanjang semester I 2021, kata Deni, 89 persen dari total peserta yang ada tidak memiliki pekerjaan. Kemudian walaupun mereka wirausahawan, omsetnya hanya Rp 1 juta sebulan, dan karyawan dengan pendapatan Rp 1,3 juta per bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.