Sukses

11 Tahun Berdiri, Bukalapak Konsisten Jadi All-Commerce Lokal Pendukung UMKM di Indonesia

Dukungan penuh terhadap UMKM lokal terus diberikan Bukalapak yang kini melayani lebih dari 6,5 juta pelapak, 8 juta Mitra Bukalapak, 100 juta pengguna dari seluruh penjuru Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Bukalapak memastikan konsisten untuk terus bangga menjadi all-commerce lokal yang selalu mendukung UMKM Indonesia. 

Langkah ini terus dilakukan di tengah kompetitifnya persaingan bisnis antar pelaku usaha di dalam negeri, ditambah dengan derasnya arus perdagangan produk-produk luar negeri di tanah air.

Bukalapak terus mempertegas komitmen yang memiliki fokus utama untuk turut meningkatkan kesejahteraan UMKM di seluruh Indonesia.

"Secara konsisten membantu 6 Juta Pelapak, dan 8 Juta Mitra Bukalapak lokal lewat platform online dan offline melalui berbagai inisiatif yang dilahirkan dan dijalankan oleh putra-putri terbaik bangsa," jelas CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, Selasa (6/7/2021).

Dia menuturkan jika dukungan penuh terhadap perkembangan sektor UMKM lokal terus diberikan Bukalapak yang kini melayani lebih dari 6,5 juta pelapak, 8 juta Mitra Bukalapak, 100 juta pengguna dari seluruh penjuru Nusantara.

Dari ini bahkan bisa mempekerjakan lebih dari 2.000 karyawan, di mana 99 persen merupakan orang-orang Indonesia yang berasal dari berbagai penjuru negeri, lulusan berbagai universitas ternama baik dalam maupun luar negeri.

“Bukalapak sering disebut oleh para pengguna sebagai BL, singkatan nama kami. Kami menganggap singkatan nama ini juga bisa mewakili identitas dan kebanggaan kami sebagai perusahaan asli Indonesia, dengan melihat BL sebagai singkatan dari Buatan Lokal atau Bangga Lokal. Apapun kepanjangannya, yang jelas Bukalapak ingin menjadi sebuah perusahaan yang dibuat oleh orang lndonesia, dijalankan oleh anak-anak negeri, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa kita. Hal ini tentunya jadi semakin krusial di tengah pandemi yang membuat laju roda bisnis dan ekonomi melambat”, tegas Rachmat Kaimuddin.

Mengusung misi “A Fair Economy For All” atau perekonomian yang adil untuk semua, Bukalapak memberikan akses terhadap infrastruktur, teknologi dan permodalan pada seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial.

Berbagai program dan inisiatif telah ditelurkan oleh Bukalapak, terutama untuk mendukung perkembangan UMKM, para penggerak ekonomi bangsa ini.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Bukalapak

Sebagai bentuk partisipasi dan dukungan Bukalapak terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh pemerintah, Bukalapak membuat laman khusus https://www.bukalapak.com/promo-campaign/banggabuatanindonesia, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan produk-produk buatan dalam negeri berkualitas di Bukalapak.

Selain itu, Bukalapak menjalankan sejumlah inisiatif lainnya demi mendukung ketahanan bisnis para pelaku usaha lokal di tengah pandemi, di antaranya memberlakukan satu tarif untuk layanan Super Seller-nya yaitu sebesar 0,5 persen, sebuah nilai tarif termurah yang diberikan oleh platform e-commerce di Indonesia untuk UMKM.

Pada bulan Januari lalu, Bukalapak juga meluncurkan Kontes Pelapak Indonesia, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan gairah dan kompetisi bagi UMKM, dengan insentif yang ditawarkan cukup besar, yang diharapkan dapat makin memberi angin segar bagi bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Untuk makin memperkuat dedikasi Bukalapak terhadap pertumbuhan bisnis pelaku usaha lokal, Bukalapak menginisiasi gerakan Rabu Lokal, sebuah ajakan bagi para pengguna Bukalapak dan masyarakat Indonesia untuk terus mendukung pelaku UMKM dan produk-produk dalam negeri.

Rabu Lokal hadir dalam bentuk bincang virtual bersama para pelaku usaha lokal agar masyarakat dapat semakin mengenal dan antusias dalam memilih produk-produk asli Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.