Sukses

Saat Luhut Puji Puncak Waringin Labuan Bajo: dari Daerah Tak Jelas Jadi Lokasi Wisata

Liputan6.com, Jakarta Kondisi destinasi wisata Puncak Waringin, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinilai sudah lebih baik dari beberapa tahun lalu. Berbagai perbaikan yang dilakukan dalam waktu satu tahun terakhir membuat tempat ini layak untuk dikunjungi wisatawan.

Ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. "Saya bangga sekali, di Puncak Waringin ini beberapa tahun lalu, ini masih daerah enggak jelas, tapi sekarang sudah diubah pemerintah dan Pak Bupati Edi jadi hari ini. Itu capaian yang luar biasa," kata Luhut, Jumat (18/6/2021).

Kepada Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Luhut meminta destinasi wisata di Labuan Bajo ini dijaga kebersihannya.

Luhut mengatakan membangun sebuah tempat itu hal yang mudah. Sebaliknya merawat sesuatu yang telah dibangun menjadi hal yang penuh dengan tantangan. "Kita mudah membangun tapi kadang susah memelihara, terutama hal-hal kecil," kata dia.

Dalam kunjungannya dia melihat pemerintah daerah baru menanam berbagai pepohonan agar Puncak Waringin menjadi lebih rimbun.

Penataan yang sudah bagus ini harus terus dirawat dengan menyiram pohon sehari dua kali. Luhut meminta bila ada pohon yang mati harus segera diganti oleh Pemda.

"Ajak masyarakat yang punya toko untuk menyiram tiap pagi dan sore hari biar tumbuh. Kalau ada yang mati Pemda harus ganti," pinta Luhut.

 

2 dari 3 halaman

Permintaan ke Pemda

Selain itu, Luhut juga mengapresiasi perbaikan bandar udara yang telah dilakukan pemerintah daerah. Dibandingkan tahun lalu, kondisi saat ini jauh lebih bersih dan semakin semarak. Luhut kembali meminta agar berbagai perbaikan yang telah dilakukan tetap dirawat dan dijaga.

"Saya datang kemarin di pelabuhan udara dibandingkan setahun lalu sekarang lebih bersih dan semarak. Ini harus tetap dijaga," kata dia.

Luhut Minta Manfaatkan Dana Desa untuk Edukasi dan Literasi Digital Masyarakat Lokal. Pemerintah juga telah membangun beberapa Base Transceiver Station (BTS) untuk memperkuat jaringan internet.

Luhut meminta agar Gubernur NTT bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk mendorong pariwisata yang terhubung dengan sistem digital. Termasuk mendorong pelaku UMKM lokal bergabung dengan berbagai macam platform digital.

Dia juga meminta agar Gubernur NTT memanfaatkan dana desa untuk memberikan edukasi dan literasi digital. Sehingga masyarakat setempat tidak dimanfaatkan pendatang yang ingin mendapatkan keuntungan sendiri.

"Dana desa dimanfaatkan buat didik masyarakat supaya jangan dibodohi-bodohi sama orang kota yang ingin ambil keuntungan. Biarkan mereka menikmati kemerdekaan republik kita ini," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini