Sukses

Bedah Strategi Marketing McDonald's Indonesia Lewat Menu BTS Meal

McDonald's Indonesia merilis BTS Meal pada Rabu (9/6) mulai pukul 11.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta McDonald's Indonesia merilis BTS Meal pada Rabu (9/6) mulai pukul 11.00 WIB. Paket menu besutan grup idola BTS dengan McDonald's ini ternyata sangat laris manis. Bahkan beberapa gerai terpaksa ditutup oleh pihak keamanan karena antrean yang panjang menimbulkan kerumunan.

Pakar Marketing Yuswohady menilai strategi marketing yang digunakan McDonalds adalah pendekatan marketing horizontal. Artinya memanfaatkan fans dari idol BTS untuk memasarkan produk yang baru dirilis agar menjadi viral di dunia maya.

"Kalau horizontal itu lebih mengandalkan pelanggan ke pelanggan dan yang ditunggunya sebenarnya ini viral, omongan fans di sosial media," kata Yuswohady saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Rabu, (9/6/2021).

Yuswohady menjelaskan pemasaran produk yang paling baik yaitu meminjam tangan konsumen untuk mempromosikan produk di pasaran. Hal inilah yang terjadi saat ini, para Army (sebutan fans BTS) membicarakan menu baru McDonalds di dunia maya.

"Marketing yang paling bagus ini pinjem tangan konsumen, jadi ini bukan McD yang pasarkan tapi para fans dan netizen, dan ini menimbulkan cerita berantai dan ada viralitas, itu yang terjadi," tuturnya.

Sehingga, pada akhirnya, yang mempromosikan BTS Meal bukanlah perusahaan makanan cepat saji tersebut. Melainkan para fans Bangtan Boys.

Pendekatan pemasaran horizontal ini dinilai lebih ampuh ketimbang dengan pendekatan vertikal. Sebab pendekatan vertikal mengandalkan iklan yang dibintangi para idola. Baik dalam bentuk iklan di media televisi, radio, media online atau media lainnya.

"(Strategi horizontal) sangat jauh lebih baik dari pendekatan vertikal. Beribu-ribu kali jauh lebih besar karena menggunakan kekuatan massa. kekuatan fans, dari pelanggan ke pelanggan," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu BTS Meal di McDonalds Jadi Rebutan, Berapa Harganya?

Sebelumnya, Restoran cepat saji McDonald's Indonesia resmi meluncurkan paket BTS Meal pada Rabu 9 Juni 2021. Paket yang berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan BTS ini langsung diserbu penggemar.

Di beberapa gerai McDonald's terlihat sudah berjajar barisa ojek online (ojol) yang mengantre. Mereka menerima pesanan online paket BTS Meal. 

Sepaket menu BTS Meal berisi sembilan potong nuget ayam, french fries ukuran medium, minuman cola ukuran medium, dan dua saus spesial. Kedua saus yang terdiri dari cajun dan sweet chilli itu disebutnya merupakan saus kegemaran para anggota BTS.

"Ini harganya semua dengan minuman ukuran medium Rp 45.455, tapi belum kena pajak. Kalau sudah kena pajak, harganya Rp 50 ribu, untuk yang di drive thru. Kalau delivery, sedikit berbeda," kata Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, seperti dikutip pada Rabu (9/6/2021).

Kemasan BTS Meal ini mengikuti versi global, yakni ada elemen warna ungu dan mencantumkan logo BTS. Ada tiga kemasan utama dalam paket itu, yakni kotak nuget, cup, dan brown bag.

McDonald's tidak membatasi jumlah pesanan per individu. Namun, pihaknya sudah memetakan fanbase ARMY di berbagai tempat sebagai bagian perencanaan kapasitas masing-masing restoran.

"Berdasarkan pengalaman kami, restoran itu beda-beda. Ada yang 50, ada yang 500, kami sesuaikan dengan fanbase dan kapasitas restoran tersebut, yang pasti, kita tidak ada kuota," ujarnya. 

 
3 dari 3 halaman

Tersedia Sampai Kapan?

BTS Meal juga akan tersedia sampai persediaan habis. Ia memprediksi hal itu tidak akan terjadi dalam sehari saja.

"Mungkin bisa seminggu, dua minggu, tiga minggu, tapi yang pasti sampai persediaan habis," sambung Caroline.

Caroline juga menyatakan merchandise BTS yang terkait dengan kolaborasi itu bisa diperoleh lewat aplikasi tertentu. Restoran tidak menjual barang-barang tersebut.

"Beberapa yang sudah sold out kemungkinan akan di-restock. Jadi, rajin-rajin ngecek aja," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.