Sukses

Begini Cara Transaksi di ATM Link Agar Bisa Gratis dan Lebih Murah

Mulai 1 Juni 2021, pengguna ATM Link akan dikenakan penyesuaian biaya tarik tunai dan cek saldo ketika bertransaksi di jaringan ATM Link.

Liputan6.com, Jakarta Mulai 1 Juni 2021, pengguna ATM Link akan dikenakan penyesuaian biaya tarik tunai dan cek saldo ketika bertransaksi di jaringan ATM Link. Meski demikian, Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang terdiri dari BRI, Mandiri, BNI, dan BTN memastikan pengguna bisa tetap mendapatkan layanan yang mudah dijangkau dan murah. 

Bahkan, masyarakat juga masih bisa menikmati layanan secara gratis bila melakukan cara yang tepat. Cara tersebut adalah bertransaksi seperti cek saldo, tarik tunai dan transfer ke sesama rekening bank, di ATM milik bank Himbara atau ATM Link milik masing-masing bank Himbara. 

Misalnya, nasabah BRI yang bertransaksi di ATM BRI atau Link BRI (ATM BRI dengan stiker Link) akan menikmati gratis transaksi cek saldo dan tarik tunai. Demikian halnya dengan nasabah Bank Mandiri, BNI maupun BTN akan menikmati gratis biaya alias Rp 0 untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai bila melakukan transaksi kartu debit dari bank yang sama di ATM milik masing-masing bank.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Transaksi di ATM Link

Sebelumnya HIMBARA telah menginformasikan perubahan biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai. Pengguna kartu bank Himbara akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk transaksi cek saldo dan sebesar Rp 5.000 untuk transaksi tarik tunai di jaringan ATM Link dari sebelumnya gratis. 

Sedangkan untuk transaksi transfer antar bank, Himbara tidak melakukan perubahan biaya, artinya tetap dikenakan tarif Rp 4.000. Biaya ini hanya dikenakan apabila kartu debit yang digunakan tidak sama dengan bank penyedia ATM Link. Misalnya Kartu Debit BRI dipergunakan di Link ATM Mandiri, atau Kartu Debit BNI dipergunakan di Link ATM BTN.

 

3 dari 3 halaman

Transaksi di ATM Link Lebih Murah

Perlu Anda ketahui, biaya transaksi di ATM Link masih lebih ringan dikantong jika dibandingkan bertransaksi di jaringan ATM selain jaringan Link seperti ATM Prima dan ATM Bersama.

Sebagai perbandingan untuk jaringan ATM Prima dan ATM Bersama misalnya, untuk cek saldo biaya yang dikenakan sebesar Rp4.000, untuk tarik tunai Rp7.500, dan transfer antar bank dikenakan Rp6.500. Artinya, khusus bagi nasabah bank anggota Himbara tetap dapat bertransaksi di ATM bank Himbara (ATM Link) dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan biaya transaksi di luar ATM Link.

Ciri Fisik ATM-Link yang Dikelola oleh Setiap Bank Himbara

Adapun ATM Link yang dikelola oleh masing-masing Himbara mempunyai beberapa ciri khas yang membedakan dengan ATM milik masing-masing bank Himbara. Ciri utama ATM Link terlihat pada warna merah putih pada layar atau pada box ATM. 

Sedangkan ciri kedua, pada ATM tersebut terdapat logo dari 4 bank Himbara yang ditampilkan bersama-sama. Kedua ciri tersebut memudahkan nasabah dalam memilih jenis atm yang akan digunakan untuk mendapatkan layanan perbankan di atm.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini